Tips Menjadi Desainer Baju Yang Sukses

Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Selama kemajuan itu, berkembanglah juga globalisasi. Globalisasi telah membawa pengaruh yang besar yaitu fun, food and fashion. Hampir semua bangsa mempunyai andil dalam menciptakan trend fashion di masing-masing negaranya, di setiap negara biasanya memiliki tren tersendiri dan presepsi yang berbeda dalam berekspresi tentang fashion, sehingga desain baju yang tercipta hampir tidak ada batasannya pada era ini.

Fashion dan media adalah dua kata yang mampu berjalan beriringan  pada saat ini. Ini mungkin baru permulaan aja. Dengan adanya transformasi teknologi yang cepat, maka akan ada banyak trend fashion yang berkembang dan merubah banyak gaya hidup penikmatnya. Pengaruh media terhadap industri fashion yang memberikan adiksi tersendiri sebagai kesempatan untuk mendapatkan banyak saluran mengenai ragam busana dan gaya hidup modern.

Perkembangan fashion, model baju, desain baju, gaya kostum dan lain-lain di Indonesia sudah sampai dititik yang mengesankan. Hal ini dapat kamu lihat dengan begitu maraknya yang menjual dan mengiklankan macam-macam gaya fashion. Tak ketinggalan juga di sepanjang jalan pun banyak sekali toko-toko yang memajang display gaya-gaya fashion yang begitu variatif.

Dengan begitu menunjukkan betapa masyarakat sekarang ini sudah sangat menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga bergaya dan trendi. Karena pakaian adalah salah satu mesin komunikasi atau sarana komunikasi dalam masyarakat, maka masyarakat sadar atau tidak sadar bisa menilai kepibadian seseorang dari apa yang dipakainya.

Jika kamu memang serius ingin menjadi seorang fashion design, ada baiknya untuk belajar di sekolah khusus mode. Selain mendapatkan gelar kamu juga akan mempelajari banyak hal mengenai dunia fashion. Nantinya kamu akan mempelajari gambar, warna, dan komposisi, pembuatan pola, dan lain sebagainya. Walaupun kenyataannya pada saat ini, di dunia fashion sering kita temukan para desainer fashion yang otodidak atau belajar sendiri.

Tak hanya membutuhkan bakat dan kreatifitas aja, pengetahuan tentang aspek bisnis dan pemasaran dunia fashion sangatlah penting jika ingin menjadi perancang baju yang sukses. Belajar fashion design bukan hanya untuk kesenangan aja, tapi juga bisa menjadikannya profesional, dengan demikian mengikuti perkembangan gaya hidup sudah menjadi kebutuhan seorang profesional.

Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi, kita cari tau dulu tentang apa itu design atau desain. Desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda seperti baju. Desain dihasilkan melalui pemikiran, pertimbangan, perhitungan, cita, rasa, seni, serta kegemaran orang yang banyak dituangkan diatas kertas berwujud gambar. Desain harus mudah dibaca atau dipahami maksud dan pengertiannya oleh orang lain sehingga mudah sekali diwujudkan ke bentuk benda yang sebenarnya. Gambar tersebut merupakan pengalihan gagasan atau pola pikir konkret dari perancang ke orang lain. Setiap baju yang dibuat merupakan hasil pengungkapan dari sebuah proses desain.

Dengan pengetahuin tentang desain ini, diharapkan seorang calon desainer dapat membuat desain baju dengan baik dan benar. Karena desain tidak hanya sekedar gambar aja tetapi dengan desain seseorang dapat membuat pakaian mulai dari mengambil ukuran, membuat pola, pecah pola, menggunting sampai menjahit pakaian. Dengan kata lain desainer merupakan pedoman seseorang dalam mewujudkan pakaian ke bentuk yang nyata atau sebanarnya. Jadi jelaslah bahwa desain memegang peranan yang sangat penting dalam pembuatan suatu pakaian.

Secara umum desain dapat dibagi menjadi dua yaitu, desain struktur dan desain hiasan. Kita akan bahas lagi selengkapnya pada artikel berikutnya. Simak terus ya.

No comments:

Powered by Blogger.