Pengalaman Mengajukan Claim Asuransi Prudential

Menjadi agen asuransi merupakan sebuah pekerjaan mulia yang membutuhkan totalitas, hal ini tentu tak terlepas dari tanggung jawab yang bukan hanya sekedar mencari nasabah, namun juga membantu setiap orang yang kesulitan dalam kaitan dengan asuransi mereka, dan yang tidak kalah penting adalah saat mendampingi nasabah dalam kondisi memerlukan perlindungan.

Saat saya menuliskan artikel ini, saya sedang menunggu proses pengajuan klaim yang persyaratannya kami kirimkan ke kantor Prudential beberapa hari yang lalu. Ya, nasabah saya beberapa hari yang lalu mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Beliau resmi menjadi nasabah Prudential dengan saya yang menjadi agennya, tepatnya pada bulan Agustus 2018, beberapa bulan yang lalu.

Ini adalah pengalaman pertama saya mendampingi nasabah yang mengajukan klaim, meski baru beberapa bulan menjadi agen Prudential, namun baru kali ini nasabah saya masuk keruang perawatan. Mulai tanggal 26 November 2018 sampai dengan 29 November 2018 beliau dirawat, saya ikut mendampingi dan membantu saat beliau mengurus syarat-syarat untuk keperluan pengajuan klaim. Kebetulan beliau mempunyai kartu PHS, namun berhubung rumah sakit tempat beliau dirawat bukan rumah sakit rujukan yang bekerjasama dengan Prudential, maka pengajuan klaim harus melalui sistem Reimbursement.


Persyaratan Dokumen Pengajuan Klaim

  1. Formulir klaim manfaat rawat inap yang sudah diisi dengan benar dan lengkap,
  2. Surat Keterangan Dokter dan atau resume medis Rawat Inap yang telah diisi lengkap dan jelas oleh Dokter yang merawat Tertanggung,
  3. Fotokopi seluruh hasil pemeriksaan penunjang (jika ada),
  4. Kuitansi untuk PRUhospital & surgical : Kuitansi asli berikut rinciannya, jika Tertanggung memiliki perlindungan manfaat kesehatan dari perusahaan asuransi lain dan/ atau perusahaan lainnya dimana  sebagian biaya perawatan sudah diganti oleh perusahaan dan/ atau perusahaan asuransi lain tersebut, maka klaim atas selisih biaya perawatan (sampai dengan batas maksimum sesuai plan) dapat diajukan ke PT Prudential Life Assurance dengan menggunakan salinan kuitansi berikut rincian yang telah dilegali oleh perusahaan atau perusahaan asuransi lain, serta melampirkan Surat Koordinasi Manfaat asli dari perusahaan asuransi lain dan atau perusahaan lainnya yang didalamnya mencantumkan selisih biaya perawatan yang belum dibayarkan.
  5. Kuitansi untuk PRUmed : Kuitansi asli berikut rinciannya atau fotokopi kuitansi yang dilegalisir dari Rumah Sakit
  6. Fotokopi kartu identitas diri (KTP / SIM / Paspor) yang masih berlaku,
  7. Dokumen-dokumen lain yang wajar dan relevan dengan proses pertanggungan serta penyelesaian klaim

Sebagai informasi saja, bahwa ada 2 cara untuk Cara Klaim asuransi Prudential, yaitu dengan Penjaminan dan Reimbursement, syarat diatas merupakan pengajuan klaim dengan cara Reimbursement. Kembali pada topik diatas, saya mendampingi saat mengisi formulir klaim, pengajuan surat keterangan dokter, dan syarat-syarat yang diperlukan lainnya. Setelah dirasa lengkap, saya dampingi saat beliau mengirimkan dokumen pengajuan klaim ke kantor Prudential. Kebetulan karena jarak dengan kantor Prudential lumayan jauh, maka pengajuan klaim kami kirim lewat kantor pos.

Saya yakinkan pada nasabah saya kalau klaim yang diajukan InsyaAllah akan cair. Hingga saat ini kami masih menunggu pemberitahuan dari Prudential, sebagai agen tentu saya yakin kalau klaim tersebut akan cair bila syarat yang dikirimkan lengkap dan sudah diperiksa kelengkapannya.

No comments:

Powered by Blogger.