Berburu Barang Import Dengan Free Ongkir

Perang antar ecommerce memang tidak bisa dihindari lagi. Ada yang memberikan diskon, cashback, bahkan hadiah langsung. Dan sekarang, lagi ramai ecommerce yang menawarkan barang import dengan free ongkir. Lebih lengkap lagi jika barang tersebut bisa dibeli dengan menggunakan HSBC Kartu Kredit Platinum. Cicilan ringan dan juga berbagai fasilitas lainnya seperti travel benefits.

Trendnya akan sama. Ecommerce akan mulai menawarkan bebas biaya kirim karena ini yang sering menjadi pertimbangan utama seseorang ketika membeli sebuah produk. Terkadang barang menjadi lebih mahal karena ongkos kirim yang begitu tinggi. Apalagi jika ongkir dari luar negeri. Sudah bisa dipastikan biayanya tinggi. Namun, kini sudah banyak ecommerce yang menawarkan free ongkir. 

Kenapa Berani Berikan Free Ongkir?

Ada banyak faktor yang membuat ecommerce menawarkan free ongkir. Yang pertama, adanya pendanaan dari investor. Ecommerce manapun sangat membutukan dana dari investor. Ini diperlukan untuk mengembangkan sebuah bisnis, melakukan promosi lebih kencang, dan tak terkecuali untuk memberikan penawaran yang menarik seperti free ongkir. Ini dilakukan untuk mendapatkan market yang lebih luas. Secara tidak langsung, hal tersebut digunakan untuk branding dan meningkatkan brand awareness sebuah ecommerce.

Yang kedua, biaya produksi bisa ditekan. Beberapa ecommerce berani memberikan tawaran berupa free ongkir meskipun berbeda negara karena mereka bisa menekan biaya produksi. Bisa saja harga produk sudah di mark-up termasuk ongkir. Faktor yang ketiga adalah adanya kerjasama dengan jasa pengiriman. Ini yang paling sering dilakukan oleh ecommerce.

Terlepas dari hal tersebut, dengan adanya free ongkir meskipun produk import dari luar negeri, Anda sebagai konsumen yang diuntungkan. Akan semakin ringan jika Anda melakukan payment dengan menggunakan Kartu Platinum. Kartu ini memang didesain untuk mereka yang suka belanja barang branded yang notabene produksi luar negeri.

Produk Lokal Kian Tak Terlihat

Jika ditanya apa imbas dari free ongkir produk import, tentu saja semakin terlindasnya produk lokal. Dan ini memang kompetisi global yang tidak bisa terhindarkan. Apalagi mereka yang import minded atau lebih suka memakai barang branded. Dengan dibebaskannya ongkos kirim, mereka lebih bergairah untuk membeli barang dari luar negeri.

Selain, produk yang sama dengan yang ada di dalam negeri namun harga yang lebih mudah membuat daya tarik tersendiri. Bukan menjadi rahasia lagi beberapa perusahaan dari luar negeri tahu bagaimana menekan biaya produksi. Contohnya saja Cina yang hampir punya produsen yang memproduksi bahan mentah. Maka dari itu, perusahaan di sana mampu membuat sebuah produk dengan harga lebih murah karena barang mentah sudah tersedia di negeri sendiri.

Belum lagi etos kerja yang begitu kuat. Hal ini membuat produksi lebih banyak dan barang yang dihasilkan pun semakin meningkat. Ini bisa membuat profit lebih tinggi walaupun harga barang ditekan. Di mana posisi produk lokal? Ini menjadi challenge tersendiri. Meskipun demikian, tetap ada celah di mana produk lokal bisa menggeser produk luar negeri yang bisa jadi harganya lebih murah.

Apa yang perlu dilakukan ?


1. Meningkatkan Kualitas


Sekaarang ini, masyarakat sudah mulai cerdas. Tidak semua mengejar barang yang murah. Justru sekarang orang lebih memilih barang kualitas yang bagus walaupun harga lebih tinggi. Produsen lokal bisa bermain di area ini.

2. Kecintaan Produk Lokal


Negara dengan ekonomi yang maju memiliki masyarakat yang cinta dengan produk lokal. Dan ini yang harus ditumbuhkan di Indonesia. Sebenarnya, Indonesia sudah dalam jalur yang bagus. Anda bisa lihat produk lokal kini semakin banyak yang muncul. Dan orang-orang lebih memilih untuk menggunakan produk lokal karena faktor emosional dan kecintaan terhadap produk dalam negeri. Hanya saja, rasa cinta ini harus terus dipupuk. Selain itu, ini juga harus dibarengi dengan meningkatkan kualitas produk yang dibuat di dalam negeri.

3. Payment Lebih Mudah


Ecommerce yang menjual barang lokal perlu mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan perbankan. Contohnya saja menawarkan layanan cicilan dengan menggunakan HSBC Kartu Kredit Platinum. Dengan demikian, orang akan lebih bergairah untuk membeli produk lokal. Tidak jadi masalah jika harga mahal. 

Jadi, perang harga antara produk lokal dengan produk import menjadi lebih seimbang. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti produk lokal lebih diminati daripada produk import. Terlepas dari hal tersebut, memang tidak bisa dipungkiri beberapa produk luar negeri memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Hal ini pula yang membuat kalangan tertentu seolah tidak punya pilihan. Mau tidak mau mereka harus membeli produk import karena tidak ada produk lokal yang kualitasnya bisa menandingi produk import.

Di sisi lain, setiap negara mencoba melakukan penetrasi ke negara lain. Ada yang bermain dengan harga atau free ongkir. Akan tetapi, untuk produk dari Eropa misalnya, harga sebuah produk dari sana tetap mahal. Beruntung sekarang sudah ada Kartu Platinum. Jadi, harga yang mahal tidak terasa begitu mahal karena Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara mencicil.

Ini memang kartu kredit untuk belanja online, khususnya ditujukan kepada mereka yang doyan belanja barang branded dari luar negeri. Apakah Anda salah satunya? Tapi, bukan itu saja manfaat yang bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa gunakan kartu kredit ini untuk membeli merchandise ketika traveling ke luar negeri, membeli tiket pesawat dengan harga  yang lebih terjangkau, dan lain sebagainya. Jadi, kapan Anda apply HSBC Kartu Kredit Platinum ini?

No comments:

Powered by Blogger.