Peran HRD Untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Manajemen SDM atau divisi HRD (Human Resources Department) merupakan salah satu bagian penting dalam struktur perusahaan. Tidak hanya mempertahankan talenta terbaik yang dimiliki perusahaan, HRD juga berusaha maksimal untuk memberikan rasa nyaman dan karyawan lebih happy saat bekerja.

Dengan manajemen personalia yang baik, perusahaan tentunya lebih mudah meningkatkan produktivitas karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut ini adalah peran HRD dalam sebuah perusahaan atau bisnis:

1. Rekrutmen Pegawai

Manajemen HRD berfungsi untuk menyediakan karyawan dengan talenta terbaik sesuai kebutuhan setiap divisi. Keahlian tersebut didapatkan dari proses rekrutmen yang ketat, seminar, pelatihan dan sebagainya. Tim HRD yang bertugas akan menganalisa siapa saja kandidat yang tepat untuk ditempatkan pada lokasi yang tepat atau istilahnya, the right man, on the right place. Tidak cukup itu, setelah mendapatkan kandidat yang sesuai, tim HRD juga harus terus meningkatkan keahlian dan keterampilan karyawan melalui berbagai tahap pendidikan dan pelatihan.

2. Meretensi Karyawan

Sudah bukan hal yang baru bahwa saat ini meretensi karyawan merupakan tantangan terbesar tim HRD. Karyawan milenial dikenal sebagai pekerja yang senang kebebasan, fleksibel dan mendukung keterlibatan karyawan. Tak jarang mereka akan segera berpindah ke perusahaan baru yang menawarkan gaji atau reward lebih tinggi. Untuk itu, manajemen personalia perlu memberikan perhatian khusus pada setiap karyawan yang sudah bekerja semaksimal mungkin bagi perusahaan. Bisa berupa memberikan reward penghargaan, bonus, cuti liburan, kenaikan gaji, dll.

3. Mempertahankan Kesejahteraan Karyawan

Di era milenial, masalah kesejahteraan karyawan sama sekali tidak bisa diabaikan. Sekali saja perusahaan lengah memperhatikan kesejahteraan karyawan, maka bukan tidak mungkin akan berdampak pada tingkat turn over yang sangat tinggi. Karyawan milenial yang memiliki karakter kutu loncat tidak akan segan berpindah tempat kerja untuk mendapatkan karir yang lebih baik. Berhubung dengan peran tim HRD untuk menangani masalah kesejahteraan karyawan seperti mengurus rekrutmen, pensiun, cuti atau lembur, hingga urusan asuransi BPJS dan sebagainya, maka sangat penting bagi perusahaan memiliki HRD Software.

LinovHR merupakan HRD Software yang dapat membantu tim HR menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan data payroll, data karyawan, rekrutmen dan masih banyak fitur-fitur yang lain. Tak perlu repot berjibaku dengan file-file excel berantakan yang berbasis kertas, karena LinovHR adalah HRD Software berbasis website yang memiliki tampilan simpel dan mudah digunakan. 

Anda dapat mengoperasikan LinovHR dengan mudah tanpa perlu merepotkan tim IT dan produktivitas setiap karyawan akan lebih efektif dengan teknologi HRD Software yang mutakhir. Pencatatan data karyawan, slip gaji, payroll, hingga pembayaran kesejahteraan karyawan akan lebih terjamin untuk meminimalisir kesalahan manual akibat sistem payroll berbasis kertas. Dapatkan uji coba gratis LinovHR sekarang juga.

No comments:

Powered by Blogger.