Pentingnya Peran Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam atau yang biasa dikenal dengan koperasi kredit ini merupakan lembaga keuangan bukan bank yang sengaja dikelola dan dijalankan untuk memberikan modal pinjaman dan memberikan bunga yang rendah. Pentingnya peran koperasi ini pada dasarnya sesuai dengan tujuan masing-masing anggota dan tentu saja tujuan dari koperasi itu sendiri. Tujuan dari koperasi  untuk memberikan solusi keuangan bagi para anggotanya. Bank dengan koperasi sebenarnya memiliki beberapa kesamaan tetapi memang ada beberapa yang tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Peran Koperasi Simpan Pinjam yang Harus Anda Ketahui

Untuk itu pentingnya peran koperasi simpan pinjam ini salah satunya adalah menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak bisa meminjam maupun melakukan investasi di bank seperti yang bisa dilakukan di koperasi saat menyimpan uang di sana. Berikut ini adalah peranannya, ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk bergabung di sebuah koperasi. Diantaranya adalah :

1. Permodalan Usaha

Jika bank banyak memberikan syarat yang rumit dan harus diikuti oleh peminjamnya. Koperasi memberikan syarat yang lebih mudah. Sehingga memungkinkan masyarakat untuk meminjam uang sebagai modal usaha. Koperasi akan memberikan modal usaha yang besarannya juga sesuai dengan kemampuan koperasi tersebut. Dalam memberikan pinjaman modal usaha, koperasi umumnya sangat memudahkan para anggotanya.

2. Menghalangi adanya rentenir

Adanya praktik rentenir ini tentu saja karena masyarakat tidak memiliki kesempatan untuk meminjam uang di tempat lain. Sehingga jalan terakhir yang diambil untuk mendapatkan pinjaman uang adalah dari rentenir. Untuk itu koperasi simpan pinjam hadir untuk menghalangi adanya praktik rentenir. Pentingnya peran koperasi salah satunya adalah untuk menghadang masuknya rentenir dan menjadi suatu kepedulian bersama antar masyarakat. Melalui koperasi masyarakat tak perlu khawatir akan bunganya, karena bunga yang diberikan sangatlah rendah.

3. Kesejahteraan Sosial

Peran lainnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Salah satu fungsi koperasi yang untuk menyalurkan dana kredit ke anggota dan juga masyarakat. Dana tersebutlah yang digunakan untuk kegiatan usaha yang produktif. Usaha tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di masyarakat. Sehingga nantinya dapat tercapai semua keinginan bersama dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan tentu saja akan mengurangi angka kemiskinan.

4. Penyimpanan Uang

Pentingnya peran koperasi simpan pinjam ini juga adalah sebagai solusi untuk penyimpanan uang. Jika Anda mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan saat menyimpan di koperasi tentu ini tidak kalah menariknya dengan menyimpan uang di bank. Kelebihan menyimpan di koperasi adalah deposito di koperasi lebih tinggi dari bank. Keuntungan yang kedua yaitu besaran pajak bunga simpanannya jauh lebih kecil dibandingkan dari bank. Secara keuntungan koperasi jauh lebih menguntungkan  dari bank dan ini bisa menjadi solusi investasi untuk Anda.

Keempat peranan tadi adalah peranan yang harus ada di sebuah koperasi. Sebagai modal usaha, menghalangi rentenir, mensejahterakan masyarakat serta pilihan dengan keuntungan yang cukup untuk menyimpan uang di koperasi. Jika Anda tertarik untuk bergabung di sebuah koperasi. Bergabunglah pada koperasi yang jelas memberikan manfaat untuk Anda. Salah satu tempat koperasi yang menjanjikan itu adalah Pracico. Anda bisa melihat website pracico.com untuk mengetahui syarat dan ketentuan menjadi angota. Tentu saja pentingnya peran koperasi simpan pinjam diatas ada didalam Pracico. Koperasi yang dibangun oleh Pracico sudah pasti terpercaya dan akan memberikan keuntungan bagi Anda. Sehingga tidak perlu mencari cari lagi koperasi yang tepat untuk dapat mengelola uang Anda.

No comments:

Powered by Blogger.