Menikmati Keindahan Wisata Sang Legendaris, Solo Punya Cerita

Hai para pembaca blog pribadiku, kali ini gue akan membagikan cerita pengalaman singkatku berlibur ke jawa bagian tengah yaitu kota batik. Perjalanan yang kutempuh menuju Solo cukup jauh dari kota kuberada saat ini yaitu Jakarta. Mungkin selama ini Solo dikenal dengan wisata budaya maupun kulinernya. Namun, siapa sangka jika kota batik ini memiliki banyak destinasi alam yang begitu indah untuk dilewatkan? Mulai dari taman, bukit, hingga gue bisa loe temukan di sini.

Tak hanya itu saja, banyak destinasi lainnya yang sangat populer dari Solo, seperti wisata belanja dan mall Solo paling legendaris, wisata kuliner yang punya cita rasa istimewa, taman indah dengan sejuta mimpi, dan masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang belum banyak diketahui para wisatawan.

Tapi kenapa sih, kok orang suka banget traveling? Sebenarnya untuk apa sih? Inilah pertanyaan awal dari kisah perjalananku ke Solo. Kemuadian aku browsing dan mengetahui jawabannya. Saat ini berlibur sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Selain untuk melepas penat, berduaan dengan pacar atau bersama teman, liburan juga dipercaya mampu memberikan dampak positif bagi yang melakukannya.

Bagiku, berlibur bukan hanya soal menghamburkan uang ataupun sekedar bersenang-senang aja, tetapi banyak sekali kisah bermakna yang kudapatkan dalam setiap perjalanan. Mulai dari kondisi daerah, budaya setempat, hingga perilaku warga lokal adalah beberapa hal yang dianggap mampu membawa pandangan baru bagiku.

Perjalananku Yang Ke 4, Dari Jakarta Menuju Solo

Awal tujuan untuk menuju sebuah kota yang diinginkan adalah sebuah perjalanan. Karena nggak mungkin juga kan kalok gue pingin kesini ujug-ujug langsung sampek tanpa adanya perjalanan, kalok memang bisa gue mau deh, hehe.

Perjalananku kali ini bikin gedeg, marah, emosi dah pokonya. Masak iya setiap gue beli tiket abis mulu, sekalinya ada harganya up normal. Strees gue menghadpi yang beginian, apalagi kalok udah nggak pas dari schedule.

Karena kegundahan itu, akhirnya gue bertanya ke temen, enaknya naik apaan yak ke Solo, dengan tiket yang lumayan murah. Mereka mengusulkan untuk naik bus, dalam benak gue “yaah bus lagi”. Setelah mendengar penjelasan mereka, ternyata eh ternyata ada yang baru dan keren nih mengenai bus jaman now di sini. Sekarang Traveloka bekerjasama dengan 20 Otobus, beragam rute yang bisa loe pilih untuk traveling saat ini antara lain Jakarta, Bandung, Denpasar, Malang, Medan, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Makassar, dan Palangkaraya.

Untuk pembayarannya juga sangat mudah, ada beberapa metode antara lain transfer, kartu kredit, hingga pembayaran di gerai minimarket. Nantinya loe juga akan mendapatkan informasi mengenai bus dengan harga berapa, rute berangkat dan tiba, fasilitas bus, hingga foto eksterior dan interior bus yang akan dipilih.
Dengan keistimewaan dari Traveloka, akhinya mulai tumbuh kembali kesukaan gue terhadap bus, pada akhirnya berangkatlah gue ke Solo dengan Bus, terima kasih Traveloka.

Destinasi Wisata Sang Legendaris

Setibanya di Kota Solo, gue nggak akan bisa tidur sebelum melihat wisata indah yang mengagumkan. Setelah pesen kamar hotel, gue langsung ke peminjaman sepeda motor lalu pergi ke suatu tempat indah berikut ini.

1. Bendungan Colo

Jika selama ini bendungan hanya difungsikan sebagai pengontrol laju air, maka di Solo Loe bisa mengunjunginya sebagai tempat wisata. Itulah yang bisa ditemukan di Bendungan Colo di Desa Pengkol, Nguter, Sukoharjo. Biasanya, kawasan ini ramai oleh pengunjung saat kondisi air surut. Jadi, loe akan melihat deretan beton yang menarik untuk dijadikan objek foto.

Tak hanya berfoto dan bersantai, di Bendungan Colo kamu juga bisa memancing. Pasalnya, bendungan ini menjadi habitat berbagai ikan yang bisa loe temukan. Bagi yang tertarik mengunjunginya, sebaiknya datanglah pagi atau sore hari saat menjelang sunset. Namun, jam operasional bendungan sendiri buka selama 24 jam jadi loe bisa puas mengunjunginya.

2. Angkringan Omah Lawas

Saat ini Solo disebut sebagai pelopor angkringan yang kini banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Karena itu, jangan langsung beranjak dari kota ini sebelum mencicipi hidangan angkringan yang khas. Jangan lupa mampir sebentar ke Angkringan dan Wedangan Omah Lawas yang merupakan salah satu HIK (Hidangan Istimewa ala Kampung) yang terkenal di Solo. Angkringan ini dekat dari Stasiun Balapan Solo, di Jalan Supomo No 55.

Tak seperti kebanyakan warung angkringan lainnya yang menggunakan gerobak dorong dan berjualan di pinggir jalan, Omah Lawas justru berkonsep modern dan menempati sebuah rumah tua bergaya kolonial. Di sini, loe bisa menikmati berbagai lauk dan kudapan, seperti nasi kucing, nasi teri, sate usus, tempe bacem, sate telur puyuh, hati dan ampela, sosis Solo, serta lainnya.

3. The Park Mall

Bagi kamu yang mencari mall dengan suasana berbeda, The Park Mall bisa jadi pilihan karena memiliki konsep taman. Loe akan melihat banyak sekali tumbuhan yang ditata di berbagai area sehingga menampilkan kesan sejuk dan asri. Gedungnya pun memiliki arsitektur modern yang dibangun dengan tiga lantai. Isi dari mall ini juga cukup lengkap dan bisa dibilang kekinian.

Mall ini menawarkan gerai yang cukup lengkap dan beragam, mulai dari Metro, Lottemart, hingga tempat nongkrong asyik seperti Starbucks. Menariknya lagi, lokasi The Park Mall cukup strategis yakni di Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru yang dekat dengan Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo. Jadi, loe bisa mampir saat ingin menunggu jadwal keberangkatan pesawat.

Sebenarnya masih banyak sekali destinasi wisata yang seru dan indah di Kota Solo yang tak bisa satu per satu gue kunjungi, tapi beberapa wisata diatas wajib banget loe datangi, jangan sampek nggak, ntar nyesel minta balik lagi loe. hehe

1 comment:

  1. waduh bikin kalap belanja nih, sama kalap jalan-jalan, itu tempat yang kece banget loh mas... keren keren.... #jejakbiru

    ReplyDelete

Powered by Blogger.