Mata Merah Tapi Tidak Terasa Sakit ? Pernahkah Mengalaminya

Mata adalah salah satu organ dan panca indera yang amat penting fungsinya bagi kehidupan setiap orang. Karenanya, sedikit aja ada masalah pada mata, maka bisa membuat seseorang merasa takut, panik, dan khawatir.

Apakah kamu juga demikian? Tentu aja nggak ada yang ingin memiliki kekurangan pada mata, apalagi kalau urusan penglihatan yang merupakan hal vital bagi kehidupan. Sampai saat ini, ada begitu banyak jenis masalah atau penyakit mata, mulai dari yang ringan sampai yang berat sehingga mengancam kebutaan bagi seseorang.

Terlepas dari itu semua, ada satu masalah mata yang sedikit unik dan sering dialami oleh kebanyakan orang. Masalah itu adalah mata memerah tapi tidak sakit. Seperti diketahui, biasanya mata merah disertai rasa sakit atau gatal, bukan?

Nah, itulah anehnya, kenapa mata bisa merah tanpa disertai rasa sakit dan gatal? Banyak pertanyaan serupa yang muncul karena mereka merasa takut jika ada hal buruk yang akan terjadi pada matanya. Untuk itu, Qupas telah menghimpun informasi dari berbagai sumber untuk menjawab rasa penasaranmu. Simak informasinya berikut ini.

1. Alergi

Hal pertama yang bisa menyebabkan mata merah tanpa rasa sakit adalah karena alergi. Yaps, mungkin kamu nggak pernah sadar jika mata bisa alergi, layaknya hidung. Biasanya alergi ini terjadi ketika mata terkena debu, asap, bahkan udara dingin sekalipun. Ketika alergi melanda, nantinya mata akan memerah dengan meneteskan air mata. Namun jangan khawatir, reaksi ini sifatnya hanya sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

2. Jarang Berkedip

Kemudian, mata merah tapi tidak sakit juga bisa disebabkan karena kebiasaanmu yang membuka mata terlalu lama tanpa berkedip. Sebab, ketika mata terbelalak terlalu lama bisa membuat otot dan saraf menjadi tegang sehingga menciptakan kontraksi sesaat. Alhasil, mata akan memerah tanpa kamu sadari. Oleh karenanya, berkediplah secara wajar, jangan terlalu cepat atau terlalu lama.

3. Stres dan Emosi

Mata merah juga bisa disebabkan oleh stres atau emosi. Hal tersebut dikarenakan ketika stres, airan dan suplai darah naik dan meningkat ke otak dengan laju yang deras. Tentu saja reaksi ini akan berimbas pada mata sehingga membuat saraf mata terganggu sesaat sampai stres dan emosi itu mereda.

4. Iritasi

Iritasi merupakan hal paling sering yang menyebabkan mata memerah tanpa rasa sakit. Iritasi ini biasanya terjadi ketika mata terkena air, baik itu air mandi, air kolam, bahkan air laut. Yap, iritasi air memang cukup mengkhawatirkan bagi setiap orang sebab merahnya mata akan bertahan dalam waktu lama. Namun, bisa juga disebabkan oleh lensa yang dibongkar pasang. Tapi tenang saja, tidak perlu khawatir, kamu hanya perlu mencuci mata dengan air yang lebih steril dan nanti akan sembuh dengan sendirinya.

5. Gaya Hidup

Selanjutnya, mata merah tapi tidak sakit juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan merokok dan begadang. Seperti diketahui, asap rokok mengandung segudang senyawa kimia dan zat berbahaya. Kemudian, begadang adalah sebuah aktivitas yang merugikan sebab jatah tidur akan berkurang. Maka tidak heran kalau mata akan sering memerah.

6. Mengucek Mata

Pernahkah kamu mengucek mata ketika terasa gatal? Kalau pernah, jangan diulangi lagi. Sebab, mengucek mata adalah sebuah tindakan yang konyol dan merugikan untuk mata. Salah satu akibat ringan dari kebiasaan ini adalah membuat mata merah disertai rasa panas. Walau sifatnya hanya sementara, tapi tindakan ini tidak pernah dibenarkan oleh ahli medis.
Itulah alasan dan penyebab kenapa mata kamu sering merah tapi tidak terasa sakit. Jadi, mulai sekarang jangan pernah khawatir lagi, ya!

No comments:

Powered by Blogger.