5 Hal Ini Loh Yang Bikin Kulitmu Tetap Terlihat Kusam, Padahal Sudah Perawatan Mati-matian

Selain jerawat, masalah yang sering dihadapi oleh kulit wajah adalah kusam atau nggak bercahaya. Biasanya, ketidaksegaran wajah ini sering dialami olehmu yang kulitnya cenderung berminyak, meski pun si pemilik kulit kering dan sensitif juga bisa mengalaminya. Kulit kusam ini tentu bikin penampilan jadi nggak oke. Makanya, banyak dari mereka yang rela melakukan perawatan mahal demi bisa mencerahkan kulit wajahnya. Tapi kok, nggak banyak ngaruhnya, ya?

Hal-hal di bawah ini juga bisa jadi penyebab kulit wajah jadi kusam :

1. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan polusi udara, apalagi kalau kamu jarang pakai tabir surya

Berhati-hatilah jika rutinitas harian menuntutmu untuk aktif di luar ruangan sehingga sering terkena paparan sinar matahari. Efek sinar UV-nya akan memengaruhi kesehatan dan tampilan kulit, apalagi paparan sinar matahari di atas jam 9 pagi. Belum lagi paparan polusi udara dan debu jalanan yang bikin kelembapan kulit jadi berkurang sehingga tampak kering dan kusam. Hal ini juga akan semakin parah kalau kulitmu nggak mendapat perlindungan maksimal.

2. Hanya mengandalkan cuci muka tapi nggak pernah scrubbing atau eksfoliasi. Ya, percuma saja.

Mencuci muka dua kali sehari belum cukup untuk bikin kulit jadi sehat bercahaya. Apalagi kalau aktivitas cuci mukamu cuma sekadar menyabuni dan membilas saja. Penyebab paling umum dari kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Ada satu langkah penting yang harus ditambahkan, yaitu eksfoliasi atau pengelupasan setidaknya 2-3 kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut. Kalau kamu memiliki alergi dengan scrub yang berbahan kimia, coba deh kamu lakukan eksfoliasi dengan scrub berbahan alami yang bisa kamu terapkan di rumah.

3. Terdengar sepele, tapi besar pengaruhnya. Malas minum air putih otomatis bikin kulitmu tampak kusam dan tak bercahaya

Sebagai organ terbesar di tubuhmu, kulit membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga kelembapan dan mencegah dehidrasi. Kalau kamu dehidrasi, maka sirkulasi darah jadi nggak lancar sehingga mengurangi volume darah yang dialirkan menuju kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat kusam, pucat, dan cepat keriput. Nah, kalau kulitmu masih kusam sementara perawatan sudah maksimal, coba cek lagi, siapa tahu kamu malas minum air putih.

4. Sering begadang juga bikin kulit jadi kusam. Ketika tubuh kurang istirahat, regenerasi sel kulit pun jadi terhambat.

Entah karena tuntutan kerjaan atau memang kebiasaan, masih banyak orang yang suka begadang, mungkin termasuk kamu juga. Please, tidur itu penting banget lho buat ketahanan tubuh termasuk kesehatan kulitmu. Tubuh akan mulai memperbaiki diri dan melakukan regenerasi sel saat tidur mulai pukul 11 malam setiap harinya. Jika periode ini dipersingkat atau diubah, sel kulit pun bisa kena batunya. Pucat, kering, kusam, bersisik, dan perubahan produksi minyak, serta pengelupasan kulit pun nggak akan bisa terelakkan lagi.

5. Jika kamu telah melakukan berbagai perawatan tapi kulit masih kusam juga, mungkin masalahnya bersumber dari apa yang ada di pikiranmu

Stres, misalnya. Saat pikiran mengalami stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat dan membuat aliran darah menjadi lebih kencang. Sayangnya, aliran darah ini hanya mengalir menuju organ vital saja dan melewati kulit wajah. Akibatnya, kulit wajah pun jadi tampak kusam dan pucat. Memang sih, stres itu nggak bisa dihindari, terutama bagi yang aktivitasnya super padat. Tetaplah rileks dan biasakan untuk menenangkan diri dengan berlatih meditasi demi menurunkan hormon kortisol. Rutin berolahraga juga bisa merelaksasi pikiranmu lho!

Ingat, perawatan dari luar saja nggak cukup efektif melindungi kulit dari masalah dan kerusakan. Mulailah merawat kulitmu baik dari dalam maupun dari luar agar tampilannya nggak gampang kusam dan tetap cerah bersinar.

No comments:

Powered by Blogger.