Tips Hemat Belanja Saat Bulan Ramadhan Dengan Pinjaman Tunai

Pinjaman tunai dari berbagai lembaga, bank, maupun pihak-pihak lainnya cukup membantu masyarakat saat menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Kalau puasa, kebanyakan jam kerja di Indonesia berkurang yang berdampak pada pemasukan. Maka, kiranya tepat sekali ketika meminjam uang secara tunai. Ketika Anda mau belanja dengan dana itu, simak tips ini.

Menu Harian dan Bulanan Wajib Dimasukkan ke Daftar

Manusia memang memiliki pikiran yang luar biasa. Tapi, ketika pikiran justru didominasi oleh nafsu, maka fungsinya jadi tidak optimal. Untuk memaksimalkannya kembali, buatlah daftar menu makan harian dan bulanan. Apa saja yang jadi makanan sehari-hari, mulai dari menu sahur hingga berbuka puasa.

Berhubung menu makan siangnya tiada, berarti jatah per hari hanya untuk 2 masa. Kebutuhan nutrisi tetap harus diutamakan. Jangan hanya karena terlalu irit, Anda justru mengorbankan kesehatan sendiri maupun kesehatan keluarga. Catat pula makanan kesukaan masing-masing anggota keluarga. Biar tidak bosan saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Hindari Berbelanja pada Waktu Lapar

Lapar itu bisa menjadi doping untuk kegiatan yang bersifat kreatif, bisa pula jadi sumber masalah untuk beberapa hal. Oleh karena itu, hindari kebiasaan berbelanja saat Anda kelaparan. Momen-momen lapar yang bikin perut menggeliat biasanya terjadi pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang.

Pada waktu-waktu seperti itu, lebih baik di rumah saja. Lakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Boleh pula dengan tidur untuk membunuh waktu. Kalau belanja di jam-jam tersebut, nanti Anda bisa jadi mudah untuk punya keinginan apa-apa. Terutama pada soal makanan. Orientasinya ke sifat boros. Belanjalah ketika pagi ataupun sore. Lebih aman.

Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Pinjaman tunai itu bisa didapatkan melalui kartu kredit ataupun tidak. Kalau yang tidak menyertakan kartu kredit, salah satunya adalah Tunaiku. Bahkan modalnya cuma KTP. Kartu kredit diadakan untuk memudahkan seseorang saat berbelanja. Tanpa bawa uang pun sudah bisa membeli barang-barang yang dimau.

Penggunaan kartu kredit kalau tidak dikontrol, maka kartu kredit itu yang akan mengontrol Anda. Bahaya, bukan? Apalagi itu uang hasil dari meminjam yang setiap bulannya harus bayar tagihan. Boleh-boleh saja banyak berbelanja dengan kartu kredit, tapi penghasilan bulanan minimal berlipat-lipat lebih banyak dari penggunaan dana per bulannya.

Hindari Mudah Tergiur dengan Hal-Hal Baru

Hal ataupun barang baru pasti sangat menarik. Apalagi kalau uang di tangan mencukupi hasrat untuk memboyongnya ke rumah. Perusahaan yang memproduksi barang selama ini menggunakan pendekatan persuasif. Sebisa mungkin, barang yang dihadirkan, nilainya sanggup menyusup ke pikiran calon konsumen.

Di sinilah pentingnya pengendalian diri. Kodrat manusia itu menyukai hal-hal yang tampak bagus dan yang baru. Padahal, barang atau hal yang lama tidak serta-merta jadi hal yang sia-sia. Misalnya baju ataupun celana. Di luar sana, berbagai model dan desain pakaian terbaru terus bermunculan. Padahal di dalam lemari Anda masih banyak pakaian yang nyaman.

Bulan Ramadhan akan menjadi bulan terpanjang untuk orang-orang yang kurang bisa mengendalikan diri sendiri. Di dalam pikiran orang-orang tersebut hanya ada Lebaran yang berarti tanda usainya bulan Ramadhan. Nikmatilah bulan Ramadhan. Toh cuma datang sekali sepanjang tahun. Dengan adanya pinjaman tunai, bulan Ramadhan jadi terasa lancar.

No comments:

Powered by Blogger.