Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Rumah Pertama

Properti merupakan salah satu sektor yang tidak pernah mengalami penurunan harga. Bagi para pengusaha, tentunya hal ini adalah sesuatu yang prospektif untuk mengembangkan bisnis. Sedangkan untuk Anda yang mencari hunian, ini merupakan sebuah peringatan untuk segera membeli properti sejak dini. Properti yang paling primer bagi setiap keluarga adalah hunian berupa rumah atau apartemen.

Membeli rumah pertama tentunya merupakan salah satu keputusan besar bagi kita semua. Tingginya biaya rumah saat ini membuat para calon pembeli merasakan beberapa kesulitan, baik dalam membuat keputusan dan juga dalam permasalahan finansial. Perhatikan tips di bawah ini agar mempermudah Anda dalam membeli rumah pertama. Simak dengan baik yaa.

1. Dapatkan Informasi Sebanyak Mungkin Mengenai Rumah Pilihan Anda

Sebelum membeli rumah idaman, pastikanlah bahwa Anda telah mencari semua informasi dengan teliti dan detail, khususnya informasi mengenai pembiayaan yang akan dipilih untuk membiayai pembelian rumah. Untuk melakukan hal tersebut perhatikanlah tabel cicilan dengan jeli dan cermat selama periode kredit. Bandingkan berapa besar perbandingan utang pokok dan bunga di awal periode kredit, serta berapa lama bunga tetap yang berlaku. Sangat disarankan untuk Anda, untuk tidak mengambil keputusan yang dilandasi oleh keputusan teman atau sodara karena banyak orang yang membeli rumah pertama dengan hasil yang kecewa.

Setelah mendapatkan semua informasi yang perlu Anda perhatikan, jangan lupa untuk menentukan anggaran budget Anda dan sesuaikan dengan pendapatan dan tabungan yang dimiliki. Perhitungkan biaya-biaya tambahan untuk masa depan jika Anda ingin renovasi, cukai, iuran komuniti penduduk ke dalam budget Anda. Kalau perlu, konsultasikan ke bank atau pihak properti. Pertimbangan berikutnya adalah untuk melihat siapa dulu pengembangnya. Bagaimanakah track record developer tersebut selama ini? Apakah ada pembeli rumah yang kecewa? Perhatikan testimony para pembeli di internet. Apakah developer sering terlambat dalam serah terima rumahnya? Cek kualitas pembangunan projek-projek perumahan terdahulu.

2. Pilih Lokasi Yang Cocok dan Sesuai

Faktor paling penting dalam membeli rumah adalah lokasi. Tidak heran jika di dunia properti orang sangat mementingkan lokasi, lokasi dan lokasi. Lokasi tidak hanya dianggap penting oleh pembeli rumah pertama, melainkan semua orang. Itu sebabnya harga suatu properti sangat ditentukan oleh lokasi, karena lokasi berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum, bebas dari banjir dan sebagainya. Untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari lokasi hunian incaran, Anda bisa mengawali langkah dengan menyimaknya.

3. Tentukan Fasilitas Yang Diinginkan

Pastikan Anda telah mendapat informasi mengenai fasilitas yang ditawarkan pengembang. Akan lebih baik lagi apabila Anda melakukan pemeriksaan dengan mengitari area perumahan tersebut. Ada dua macam fasilitas yaitu fasilitas intern dan fasilitas ekstern. Fasilitas intern meliputi tempat ibadah, tempat olahraga, taman bermain, infrastruktur yang memadai, serta gerbang perumahan yang baik dan berkualitas. Rekomendasi dari kami adalah carilah rumah dua lantai dengan kolam renang. Sedangkan fasilitas ekstern merupakan fasilitas lain yang letaknya tidak jauh dari perumahan tersebut seperti minimarket, sekolah, rumah sakit, pasar, atau tempat rekreasi.

4. Tentukan Cara Pembayaran Rumah

Umumnya cara-cara pembayaran rumah yang ditawarkan oleh pengembang adalah tunai keras, tunai bertahap, dan Kredit Pemilikan Rumah. Tunai keras mungkin bisa dilakukan jika Anda memiliki keuangan yang cukup. Para developer akan memberikan diskon besar bagi pembeli rumah dengan cara tersebut. Jika tidak mampu membayar sekaligus ada baiknya Anda hindari pembayarah dalam nominal yang sangat besar, dengan kata lain jika Anda perlu membayarnya dengan cicilan. Kalian yang memilih untuk menyicil dan kemampuan keuangannya pas-pasan, cara membayar dengan KPR dan tunai bertahap akan menjadi pilihan yang lebih aman.

Itulah beberapa tips untuk Anda para pemula yang menginginkan untuk membeli rumah pertamanya. Tips-tips di atas ini dapat berguna namun tentunya permasalahan beserta pertimbangan yang dihadapi setiap orang berbeda, dan mungkin banyak yang tidak diulas di dalam tips tersebut. Kami sarankan agar Anda mengikuti seminar atau pameran rumah.

No comments:

Powered by Blogger.