Destinasi Unik di Jogja yang Tersembunyi dan Belum Banyak Orang Tahu. Bakalan Bikin Liburanmu Seru!

Kali ini aku akan membahas tentang sebuah kota yang menjadi perjalanan keduaku bersama teman. Kota yang semua orang kenal dengan sebutan daerah istimewa, dengan sebutan tersebut terlihat sosok kota yang sangat indah yaitu yogyakarta. Berbagai cerita menarik dapat kamu dapatkan ketika menginjak kota ini. Sebelum kami memilih kota sebagai destinasi liburan berikutnya tentunya aku berunding terlebih dahulu kota mana yang akan kami tuju, baru terpilihlah yogya sebagai tempat liburan kami saat liburan kemarin.

Aku berangkat ke yogya bersama tiga teman, tentunya semua ini harus penuh dengan perencanaan. Mulai dari transport berangkat, penginapan, rental mobil jogja, transport pulang dan pastinya destinasi mana aja yang akan kami kunjungi. Liburan kali ini memang sudah kami rencanakan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan atau sebelum liburan, mengingat tiket akan cepat habis dan susah dipesan saat liburan, tentu karena banyaknya orang yang hendak berlibur juga. Liburan di yogya ini kami habiskan selama 2 hari 1 malam.

Kami berangkat ke yogya pada hari kamis tepat pada hari pertama liburan, kami pergi menggunakan kereta api dari Stasiun Kota Baru Malang. Memang didalam kereta terlihat seperti membosankan, karena yang bisa kita lakukan di kereta hanya dua hal, kalau nggak duduk yaa tidur. Akhirnya kami memutuskan untuk bermain uno sejak kereta baru saja meninggalkan stasiun, biar nggak merasa bosen aja gitu. Tapi setelah beberapa waktu, akhirnya kita pun lelah juga karena erik kalah terus dalam bermain. Lalu yang bisa kami kerjakan hanya tiduran dengan posisi duduk sambil menikmati keindahan alam diluar jendela.

Sesampainya kami di Yogyakarta, kami memilih untuk turun di stasiun Tugu yaitu stasiun yang paling dekat dengan jalan Malioboro. Setelah itu kami langsung mencari sarapan pagi dengan berjalan dari stasiun ke jalan malioboro. Rasa senang dan lelah campur aduk ketika itu, kami juga menemukan plang bertuliskan Jalan Malioboro. Dalam benakku terbayang, wah ternyata ini toh jalan yang sangat terkenal di yogya itu. Tadinya kami hendak berfoto untuk kenang-kenangan diplang tersebut, tetapi karena mengantri lama dan perut berkata ayo makan aku sangat lapar, akhirnya langsung saja kami teruskan perjalanan menyusuri jalan di malioboro untuk cari makan pagi.

Setelah usai acara makan-makannya, kami berembuk untuk menentukan kendaraan apa yang akan dipakai untuk ke hotel dan jalan. Setelah berpikir panjangan dan menghitung biaya yang akan dikeluarkan, aku mengusulkan gimana kalau kita gunakan saja sewa mobil jogja. Karena kalau naik angkot nggak mungkin banget, pasti pengeluaran bakalan makin banyak. Kalau motor juga kurang nyaman dengan keadaan terik matahari yang begitu menyengat. Tanpa berpikir panjang keputusanku diterima oleh mereka.

Setelah keputusan bulat sudah diambil, kami pun langsung menghubungi Omocars Jogja sebagai pilihan yang kami semua percaya untuk mengantarkan kami ke hotel untuk beristirahat sejenak. Setelah tiga jam kami langsung melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan. Ternyata dengan menggunakan Omocars biaya sewa jadi lebih hemat dan murah, karena hitungannya bukan per hari tapi per 24 jam. Agak berbeda kan dengan tempat sewa mobil yang lain.

Terlebih lagi dengan Omocars kami bisa menentukan mobil yang sesuai dengan budget yang kami punya. Perjalanan pun dimulai, jarak yang ditempuh dari hotel ke Candi Prambanan sekitar satu jam-an karena jalanan yang lumayan ramai. Lalu sampailah kami di candi prambanan, kami terkejut pertama kali membeli tiket, ternyata ada paket liburan dengan paket Candi Prambanan dan Ratu Boko dengan harga 75 ribu. Dengan tiket yang terbilang cukup murah akhirnya kami memutuskan untuk mengambil yang paket sekalian.

Tanpa banyak bicara masuklah kami di Candi Prambanan. Ketika tampak dihadapanku sebuah candi tertinggi dan tercantik dunia, aku merasa semua itu hanya mimpi dan kibulan belaka, karena tak pernah menyangka bahwa aku akan benar-benar melihatnya, semua jerih payah dari perjuanganku terbayar dengan keindahannya.

Kami berkeliling dan berfoto-foto disana untuk kenang-kenangan bahwa kami seorang mahasiswa juga bisa merasakan keindahan dunia tanpa mengganggu waktu belajar, setelah berkelling dengan puas, timbullah rasa penasaran terhadap Candi Ratu Boko. Sepertinya sama bagusnya dengan Candi Prambanan. Tanpa berfikir lama, kami langsung menuju mobil untuk ke Candi Ratu Boko yang berada disebalah selatan candi Prambanan jaraknya sekitar 3 kiloan.

Ratu Boko merupakan peninggalan paling bersejarah yang berupa reruntuhan bangunan menyerupai candi. Bangunan ini penting peranannya dalam sejarah perkembangan dinasti Hindu di Indonesia. Fakta yang kudapatkan adalah bahwa ternyata Bukanlah benar-benar sebuah candi tapi sebenarnya sebuah istana atau keraton.

Beberapa jam sudah berlalu, tiba-tiba kepalaku mulai pusing tak karuan dengan wajah yang terlihat pucat. Erik dan Maya merasa khawatir dengan keadaanku, akhirnya kami semua kembali ke hotel, makan, lalu beristirahat dan melanjutkan perjalanan pada keesokan harinya.

Pagi yang cerah menghibur perasaanku yang sedang kurang fit, ternyata aku terbangun pada jam 9 pagi, lalu aku melihat instagram di handphone. Tak disangka beberapa hari yang lalu salah satu sodaraku baru saja mengunjungi air terjun yang lagi hits di Jogja, dengan sangat penasaran kutanyakan dimana air terjun itu berada. Ternyata ada di Gunung Kidul namanya Air Terjun Gedad. Belum banyak yang tau tempat yang keren begini lho.

Gunung kidul memang seperti cuilan surga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah barisan pantai dan guanya ramai dikunjungi wisatawan, kini air terjun pun jadi primadona. Air Terjun Gedad yang berada di Dusun Gedad ini jadi buah bibir di kalangan traveler akhir-akhir ini. Air terjun yang indah ini belum dibuka secara resmi, namun sudah ada beberapa wisatawan yang datang.

Dengan banyak waktu yang terbuang disana, waktu pulang pun telah tiba, kereta telah menunggu kami semua distasiun yang sama, dengan rasa sedih dan tangis yang tak terhentikan kami meninggalkan Jogja dan menyebutnya kota kenangan yang takkan terlupakan.

6 comments:

1. wah pasti seru nih kalo bisa ke sana, pengalaman yang tak terlupakan ya mbak, hehe

Replies
    1. Bener banget mas, pengalaman yang paling indah diantara semua perjalananku.

2. Gua baru tau air terjun gedad di Yogyakarta hehe

1. Nah, itu dia mas.
      Segera berkunjung kesana.

3. Kalau ke air terjunnya saya belum tahu, sayang banget ya

1. Nah, itu dia mbak.
      Memang banyak yang belum tau.
      Saya aja baru tau pas kesana.