Waw, Ternyata Wedang Jahe Bisa Meredakan Nyeri Haid

Kenapa yaa kok saya setiap mau haid dan ketika awal haid selalu terasa nyeri di perut sampai kadang-kadang pusing juga, nah biasanya saya langsung minum obat lalu tidur. Kata temen saya, memang di masa wanita yang belum memiliki anak haidnya akan cenderung terasa nyeri jika dia tidak menjaga pola makannya secara teratur. Tapi saya bingung mau percaya atau nggak, terus katanya pakai botol beling entah itu fanta, sprite, atau botol kecap terserah diisi dengan air panas lalu digulingkan dibagian perut yang terasa nyeri.

Kemudian akhirnya saya bertanya dengan seorang dokter yang memang ahli di bidang ini, Beliau menjawab rasa nyeri yang sering muncul saat haid memang wajar dialami setiap wanita. Namun, nyeri haid seringkali tak tertahankan dan itu sangat mengganggu rutinitas. Bermacam-macam obat yang banyak dijual di toko, mungkin bisa meredakan rasa sakit atau nyeri yang muncul ketika haid, tapi saya sarankan untuk menggunakan bahan alami yang lebih aman untuk dikonsumsi yaitu jahe.

Jahe merupakan tanaman dengan batang berdaun dan warna bunga hijau kekuningan yang hampir mirip dengan lengkuas. Jahe berasal dari akar tanaman. Jahe umumnya digunakan untuk mengobati berbagai jenis gangguan perut seperti mabuk perjalanan, mual, sakit perut, diare, serta kehilangan nafsu makan. Dalam pembuatan makanan dan minuman, jahe dapat digunakan sebagai penyedap rasa agar makanan terasa lebih enak. Jahe merupakan aspirin alami yang bisa meredakan nyeri saat haid. Selain itu, jahe juga memberi efek hangat pada bagian perut sehingga Anda pun bisa lebih rileks dan nyaman.

Zat aktif yang ada pada tanaman jahe adalah gingerol, yaitu senyawa bioaktif utama dalam tumbuhan jahe yang merupakan sumber dari beberapa manfaat jahe. Gingerol mempunyai efek anti inflamasi serta antioksidan yang kuat. Senyawa yang satu ini juga bisa menurunkan resiko infeksi.

Untuk membuat minuman jahe, memarkan 1/4 kg jahe, kemudian rebus bersama air dalam panci yang ukuran sedang. Rebus hingga air berwarna kecokelatan, lalu tuangkan ke dalam teko atau pitcher, dan masukkan kedalam kulkas. Setelah beberapa waktu sekitar 15 menitan sampai jahe terasa sedikit lebih hangat, minum rebusan jahe tersebut secara rutin masing-masing satu minggu sebelum dan setelah haid. Anda juga bisa mencampurkannya dengan perasan jeruk lemon untuk rasa yang lebih segar. Dan Anda juga bisa menambahkan teh hijau jika ingin mendapat manfaat anti oksidan.

Karena dalam penelitian disimpulkan bahwa mengkonsumsi 1 gram bubuk jahe setiap hari selama 3 hari pertama ketika menstruasi dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena aktivitas asam mefenamat dan ibuprofen. Inilah mengapa akhirnya banyak pendapat yang bergulir mengatakan jika wedang jahe bisa meredakan nyeri haid dan ini bukan mitos yang terjadi dulu tapi ini fakta yang sesuai.

Dengan penjelasan dari dokter tersebut akhirnya saya mencoba untuk mengkonsumsi jahe ketika akan dan pas saat haid, karena saya tidak mau rutinitas saya terganggu karena nyeri yang tak tertahankan. Dan Alhamdulillah ternyata memang benar bahwa jahe bisa meredakan nyeri ketika haid.

Nah buat kamu yang sebelumnya belum mengetahui beberapa informasi mengenai hal tersebut, sekarang kan jadi lebih tau ya. Jangan lupa kalau malam juga bisa mencoba mengkonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe untuk kesehatan kita. Patut dicoba nih ya.

16 comments:

  1. Nice info. Aku baru tahu loh mbak. Bileh nih dicobain klo lagi haid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sama mbak. Saya baru dua atau 3 bulan yang lalu taunya. Pas tanya ama dokter.

      Delete
  2. Aku juga gitu, kalo mau haid pasti pake drama sakit dlu. Hri pertama apalagi, pantangan buat keluar rumah sblum minum obat. Ternyata wedang jahe bisa neredakan nyeri haid ya, thanks infonya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga mengalami hal yang sama dengan mbak. Mungkin kebanyakan wanita lainnya juga begitu. Selalu sakit dihari mau masuk dan puncaknya dihari pertama dapet.
      Tapi dengan saran seperti itu dari dokter, alhamdulillah jadi agak mendingan. Nggak sakit kayak biasanya.

      Delete
  3. Hihihi, bisa diterapkan bsok". Wkwkwkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh deh faisol. buat penghangat badan ketika malam.
      Tapi nggak ikutan haid juga kan ?. hahaha

      Delete
  4. Bikin anget dan rileks klo sdh ngejahe..

    Tapi klo sakitnya sampe bikin lemes dan g bsa ngapa ngapain harus diperiksakn jg lo.. Ada kejadian di temen saya.. Terkena gangguan reproduksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terasa anget dibadan yaa mas.
      Waah, bener juga. Kalau keliatan parah dan nggak seperti biasanya langsung ambil langkah balik kanan untuk ke dokter yaa. karena kalau dibiarkan bahaya juga guys.

      Delete
  5. Wedang jahe jd salah satu minuman favorit aku nih, apalagi tambah madu, beuhhh ntap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, tambah bikin sehat nih.
      Ditambah madu, biar tubuh makin fit.

      Delete
  6. Wah baru tahu saya soal jahe ini. Biasanya cuma buat meredakan kembung sama mual aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah banyak kebongkar oleh ilmuan-ilmuan hebat mbak. jahe bisa dibuat untuk menghilangkan nyeri haid. Terus Telo (Ubi ungu) gitu lah, obat untuk kanker dan masih banyak yang lainnya juga.

      Delete
  7. Setelah minum wedang jahe biasanya saya langsung Haid gak berhenti, mangkanya udah gak pernah bikin lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada juga yang begitu yaa mbak.
      Tapi yang jelas wadang jahe banyak manfaatnya kok bagi tubuh kita.

      Delete
  8. Ternyata wedang jahe juga bisa menghilangkan nyeri haid...
    brarti banyak juga manfaat dari weddang jahe yaa...
    Tak kasih tau si istri deh biar cobain...

    ReplyDelete
  9. Bisa dong mas, makanya buruan kasih tau istrinya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.