Pengertian Alergi dan Cara Mengobatinya

Di dalam tubuh manusia ada sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari virus yang membahayakan bagi tubuh. Namun, tidak selamanya sistem imun tersebut bisa bertahan melawan virus yang menyerang. Ketika sistem imun sudah tidak mampu menahan dan menawar virus yang masuk di dalam tubuh, maka pada saat itulah terjadi alergi. Alergi merupakan respon yang dihasilkan oleh sistem imun pada virus atau zat yang tidak terlalu berbahaya. Alergi terdiri dari beberapa macam.

Diantaranya ialah anafilaksis, Asma, Dermatitis Atopik, alergi lingkungan, alergi makanan. Anafilaksis adalah sebuah penyakit alergi yang bisa dibilang cukup serius dan akibatnya bisa menghilangkan nyawa seseorang. anafilaksis ini menyerang beberapa anggota tubuh dengan cepat. Untuk itu penderita anafilaksis supaya segera diberikan pertolongan pertama.

Jenis alergi yang selanjutnya ialah Asma. Sebagian dari anda mungkin sudah familiar dengan jenis alergi yang satu ini. Ya, asma seringkali dijumpai pada orang disekitar kita. Asma merupakan penyakit yang mampu menyebabkan menyempitnya saluran udara yang ada pada paru-paru. Asma pada umumnya disebabkan oleh alergen atau pemicu alergi. Jika orang sudah terkena asma, maka orang tersebut akan mengalami sesak nafas, mengi, batuk dan sesak dada.

Oleh karenanya, orang yang mengidap alergi asma supaya menjaga dirinya agar tidak terkena udara kotor. Kemudian ada alergi dermatitis atopik atau eksim. Dermatitis atopik atau eksim merupakan suatu keadaan dimana kulit mengalami peradangan. Dermatitis atopik tidak menyebabkan penularan pada orang lain. Tanda-tanda orang terkena alergi dermatitis atopik ini ialah kulit menjadi kering, mengeluarkan cairan saat adanya goresan dan terasa gatal.

Alergi lingkungan merupakan jenis alergi selanjutnya. Seperti namanya, alergi lingkungan disebabkan oleh masuknya zat-zat berbahaya ke dalam sistem kekebalan tubuh. Zat-zat berbahaya tersebut berasal dari debu dan bulu binatang. Virus tersebut bisa menyebabkan reaksi pada paru-paru dan hidung. Contoh kecil orang terkena alergi lingkungan ialah orang yang mengalami bersin ketika terkena debu. Alergi yang disebabkan makanan juga bisa menyerang kepada manusia.

Alergi makanan ialah suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa menerima dengan baik makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Alergi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh merespon adanya makanan yang tidak berbahaya tapi melawannya karena menganggap makanan tersebut merupakan sebuah ancaman yang berbahaya untuk tubuh. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan alergi ialah telor, susu, kedelai, gandum, kacang tanah, seafood dan kerang. Setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berbeda. Sehingga tidak heran apabila antara satu orang dengan yang lain berbeda tentang alergi makanan.

Apapun jenis alergi yang diderita, tidak boleh disepelekan begitu saja. Harus segera diberikan pengobatan dengan benar dan tepat. Berikut ini beberapa cara untuk mengobati alergi dan obat apa saja yang digunakan untuk mengobati alergi. Langkah pertama yang bisa dilakukan seseorang agar tidak terkena alergi ialah upaya pencegahan. Hal ini dikarenakan mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Ketika anda sudah tahu dengan beberapa penyebab alergi bagi tubuh, maka sebaiknya hindarilah penyebab tersebut, seperti alergi terhadap debu, makanan, obat-obat dan lain-lain.

Apabila sebelumnya anda belum pernah mengalami alergi atau belum tau apa penyebab alergi yang diderita oleh tubuh anda, maka pengobatannya menggunakan obat. Ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa gejala alergi. Obat alergi yang disarankan oleh dokter biasanya tergantung dengan jenis alergi dan apa penyebabnya.

Berikut ini beberapa obat alergi yang bisa anda gunakan untuk pertolongan pertama ketika terserang alergi. Obat yang pertama ialah obat Antihistamin. Jenis obat ini bisa digunakan untuk mengobati beberapa macam alergi. Obat Antihistamin ini hadir dalam beberapa bentuk yang mudah dikonsumsi. Diantaranya ialah ada bentuk cairan, nasal spray, kapsul, pil, obat tetes mata, dan suntikan.

Selanjutnya ada obat kortikosteroid. Seperti obat antihistamin, obat kortikosteroid merupakan obat anti-inflamasi yang hadir dengan berbagai bentuk, seperti obat tetes mata,a salep dan krim untuk kulit, inhaler dan nasal spray. Obat kortikosteroid merupakan obat alergi untuk tingkatan yang lebih membahayakan. Dekongestan merupakan obat yang digunakan untuk melegakan hidung yang tersumbat. Meskipun bisa mengobati alergi pada tubuh, dekongestan sebaiknya tidak digunakan dalam berhari-hari karena bisa mengakibatkan efek rebound.

Selain itu, orang yang mempunyai penyakit khusus seperti jantung, darah tinggi, prostat supaya berhati-hati dalam menggunakan obat ini. Selain itu, ada inhibitor leukotriene yang berfungsi untuk menghalangi zat0zat berbahaya penyebab alergi masuk ke dalam tubuh. Obat ini biasanya digunakan oleh orang yang mempunyai alergi asma. Selain minum obat, pencegahan dan pengobatan alergi bisa melalui suntikan alergi atau  immunotherapy. Suntikan alergi ini biasanya diberikan secara rutin dan teratur. Penggunaan suntikan ini harus dengan resep dokter.

16 comments:

  1. Kalau misalnya kita alergi karena makanan sea food misalnya, apakah efektif minum obat ini? atau beda lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat Antihistamin untuk pertolongan pertama ketika terkena alergi, karena obat tersebut bisa digunakan untuk mengobati beberapa macam alergi.
      Jika alergi sudah terlalu parah, maka obatnya adalah kortikosteroid atau segera diperiksakan ke dokter.

      Delete
  2. Macam-macam ya alergi, suka liat tuh yang alergi makan udang langsung batuk-batuk dan muka memerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener, sampek kadang parah banget yaa kalau di garuk bisa keluar cairan gitu.

      Delete
  3. Kalau alergi sama dingin gimana gaes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung, yang terjadi apa ?.
      Kalau bentol-bentol merah gitu maka obatnya sama.
      Tapi kalok yang dirasakan berbeda mending ke dokter.

      Delete
  4. Waah, kadang kalok liat orang yang alergi itu kasian banget yaa...
    Kayaknya agak susah gitu hidupnya, makan ini nggak boleh makan itu nggak boleh... Kasian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas, temenku ada yang nggak bisa makan daging sama ikan.
      Bolehnya makan telur sama sayur doang.
      Jadi susah banget gitu kalok makan.

      Delete
  5. Wahhhh aku alergi dingin sama debu. Kalo suhu dingin, langsung kulit memerah, gatel semua, kalo debu ya bersin" sampe meler. Wkwwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kamu minum obat apa sol ?.
      Kalau cocok sama obat diatas, coba deh kmu minum sol, dari pada sakit terus-terusan. haha

      Delete
  6. Aku pernah dengar cerita teman kalo alergi kulit bawaan sejak lahir. Diobati berbagai cara tetep saja muncul sesekali alerginya.
    Kata dokternya pemicu alergi terbesarnya dari pikiran ... , jadi pikirannya harus bisa dikendalikan dengan baik,ngga boleh mudah cemas.
    Kalo cemas bisa dipastikan ngga gitu lama alergi kulitnya muncul.

    Kasian dengernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh, gitu yaa mas. Berarti ada beberapa sumber yang berbeda.
      Ada yang memang bawaan sejak lahir, ada juga yang karena sesuatu yang lain.

      Delete
    2. Bener,kak.
      Buat si penderita alergi bawaan, harus pinter2 mengendalikan pikiran.
      Punya beban pikiran berat dikit,udah dipastikan alergi nya akan kambuh.

      Delete
    3. Naah itu yaa gaes, bagi yang punya alergi bawaan harus pinter-pinter mengendalikan pikiran.

      Delete
  7. Terus, kalau tiap hari cuma makan telur sama sayut aja dong mbak...??
    Yaelah, pasti nggak betah banget, tapi tahu tempe masih bisa kan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, tahu sama tempe bisa kok. Jadi makannya yaa T4 (telur, tahu, tempe dan terong) haha

      Delete

Powered by Blogger.