Ini Penyebab Bayi Lahir dengan Keadaan Bisu dan Tuli

Ketika masa kehamilan telah dimulai itu membuat Anda tidak hanya menjaga diri sendiri tetapi juga calon bayi yang ada di dalam kandungan. Anda harus memberikan nutrisi yang cukup dengan berbelanja dengan menggunakan voucher ramadhan. Keteledoran Anda saat menjaga kehamilan akan menimbulkan akibat yang tidak diinginkan pada anak Anda.

1. Keracunan Obat

Penyebab pertama adalah karena terjadinya keracunan kehamilan yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan. Seperti penggunaan obat pil kina dalam jumlah yang besar dan melampaui batas. Pil kina adalah obat untuk malaria. Atau karena mengonsumsi obat lainnya seperti streptomisin, garamisin, neomisin, salisilat, dan lain-lain.

2. Disebabkan Berbagai Penyakit

Penyakit yang menjadi penyebab terjadinya bisu dan tuli yaitu cacat air yang dikenal dengan rubella atau geuman measles. Terjadinya penyakit karena keracunan darah yang disebut toxaemia. Bayi mengalami kekurangan oksigen yang dikenal dengan hypoxia. Terjadinya penyakit difteri yaitu sebuah penyakit infeksi akut saluran pernafasan bagian atas menyebabkan tidak berfungsi secara normal media pengantar suara. Terjadinya meningitis yaitu penyakit radang pada selaput otak. Bahkan juga karena berbagai penyakit yang menyerang organ pendengaran lainnya.

Tetanus Neonatorum juga bisa menjadi penyebab bayi mengalami bisu dan tuli. Tetanus merupakan sebuah penyakit yang menyerang bayi Anda tepat setelah bayi lahir yang disebabkan pelaksanaan pertolongan persalinan yang tidak memadai. Tidak hanya penyakit yang menyerang bayi saja yang menyebabkan kecacatan ini tetapi juga penyakit yang menyerang ibunya saat masa awal kehamilan yang merupakan waktu pembentukan organ telinga. Penyakit yang terjadi itu disebabkan oleh virus morbili dan rubella.

3. Keracunan Makanan

Keracunan yang terjadi pada ibu akan mempengaruhi kondisi kandungannya bisa menyebabkan cacat bahkan bisa membuat Anda kehilangan calon bayi. Di dalam makanan akan ada bakteri atau virus berbahaya yang menyerang janin Anda.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus bisa menghindari makan daging mentah atau setengah matang. Hindari makan ikan dan unggas karena merupakan pembawa salmonella. Jangan juga memakan telur setengah matang atau masakan dari telur seperti bolu. Sebaiknya juga menghindari susu yang tidak dipasteurisasi. Anda bisa membeli makanan yang aman dan higienis di toko yang menyediakan makanan dan minuman untuk ibu hamil dengan harga voucher ramadhan

4.Terjadinya Prematuritas 

Prematuritas merupakan sebuah kondisi yang masih rawan disebabkan organ pada janin belum dapat berkembang dengan sempurna termasuk pada organ pendengaran bayi. Dipengaruhi juga dengan proses kelahiran yang menggunakan vacum/penyedot dalam persalinan yang sulit. Alat dengan mekanisme jepitan yang kuat ini mengakibatkan terjadinya kerusakan pada pendengaran.

Ketelatenan Anda dalam menjaga bayi harus dibentuk sejak di awal masa kehamilan. Tidak hanya sibuk menyiapkan kebutuhan perlengkapannya dengan berbelanja menggunakan voucher ramadhan. Tetapi juga Anda harus sibuk mencari tahu informasi tentang pola menjaga bayi dalam kandungan agar lahir dengan normal tanpa ada penyakit atau mengalami cacat.

10 comments:

  1. Memang menjadi orang tua tidak pernah mudah, makany Kita dianjurkan tetap berhati hati dalam bersikap mulai dari kehamilan sampai anak tumbuh dewasa. Semoga kita semua dalam keadaan awas dan selamat. Aaamiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammiin yaa Rabb, semoga anak-anak yang diberikan kepada kita adalah anak yang sehat dan sholeh.

      Delete
  2. Salah satunya upaya terbaik untuk mencegah adalah rutin konsultasi dengan dokter kandungan. Pilih yang sudah banyak orang rekomendasikan. Dan, sesekali boleh minta pendapat second opinion dokter kandungan lainnya. Karena terkadang hasil USG pun bisa beda diagnosa.

    *pengalaman-pribadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener banget mbak, carilah dokter kandungan yang cocok dengan Anda, tapi mintalah juga beberapa pendapat dokter lain untuk memberikan masukan.

      Delete
  3. Benar sekali. Jadi ibu harus menyiapkan segala sesuatunya yang terbaik sejak anak masih di dalam kandungan agar tidak menyesal di kemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa tuh, karena semuanya dimulai dari dalam kandungan.
      Kalau Ibu nggak menjaga kandungannya dengan baik, nanti juga akan berakibat pada sang anak.

      Delete
  4. Keracunan obat selama hamil itu memang banyak sekali ya efeknya. Itu dia kenapa aturan untuk konsumsi obag selama ibu hamil sangat ketat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, biasanya untuk Ibu hamil obat itu dibatasi.

      Delete
  5. Jadi Ibu memang harus sangat hati* yaa, apalagi saat mengandung...
    Gimana istri dan anakku nanti yaa..??
    Yaa Allah, semoga sehat* aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas, ribet toh jadi perempuan.
      Makanya surga ada dibawah telapak kaki Ibu.

      Delete

Powered by Blogger.