Cara Service AC Yang Rusak Dengan Mudah

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, kebutuhan untuk menggunakan AC di seluruh kalangan masyarakat semakin tinggi. Pada saat ini, hampir di setiap rumah, pasti memiliki AC sebagai kebutuhan utamanya. Bahkan di setiap rumah tidak hanya memiliki satu AC, tetapi disetiap ruangan mungkin ada ACnya. Dengan begitu tentu saja kenyamanan bisa didapatkan dengan menggunakan AC, terutama pada saat siang hari dan pada saat suhu sedang tinggi.

Ditambah lagi dengan keadaan udara di Kota Jakarta yang semakin lama semakin panas karena kepadatan penduduk, sehingga kualitas udara yang didapatkan akan semakin buruk dan juga suhunya semakin panas. Tak bisa dipungkiri juga, seiring dengan pemakaian AC yang semakin tinggi karena banyaknya pengguna yang sering menggunakannya, tentu akan berimbas pada jumlah tagihan listrik yang akan semakin banyak juga.

Didalam rumahku terdapat empat AC yang setiap hari selalu menyala. Bagaimana tidak, penghuni lebih banyak menghabiskan waktu berada ditempat itu, yaitu dikamarku, kamar abang, kamar ibu dan ayah, dan juga ruang keluarga atau ruang tv. Tagihan tiap bulan melambung tinggi dan setiap enam sampek tujuh bulan sekali selalu ada AC yang rusak entah kenapa saya juga nggak tau. Akhirnya ayah memanggil Service AC Jakarta Pusat untuk memperbaikinya. Ayah sangat percaya karena perbaikannya sangat bagus dan harga yang diberikan tergolong murah.

Saya pernah kepo sedikit si percakapan ayah dengan penjual AC, ternyata ada ketentuan tertentu untuk menggunakan AC. Jika di rumah Anda menggunakan AC Central, yaitu AC dengan sistem pendingin ruangan yang dikontrol dari satu titik atau satu tempat, maka Anda harus memastikan bahwa ukuran yang Anda gunakan sudah sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Jika ruangan Anda terlalu kecil, maka nantinya ruangan Anda akan jadi jauh lebih dingin jika tidak disesuaikan dengan AC yang digunakan. Begitu pula sebaliknya, jika Anda tidak menyesuaikan dengan ukuran ruangan Anda yang besar, maka nantinya udara sejuk yang dihasilkan oleh AC tidak terlalu terasa sejuknya dan malah nantinya akan jadi boros listrik. Karena itu penting untuk mengukur ruangan yang akan dipasang AC dengan AC itu sendiri.

Oyah satu lagi nih, tolong jangan contoh ayah saya dalam hal service AC yaa, karena nunggu AC rusak dulu baru diperhatiin. Nunggu dinginnya nggak berasa atau nunggu nggak nyala baru dah di service tuh AC, baru dah ayah panggil Service AC Jakarta Pusat. Padahal harusnya tidak perlu menunggu sampai AC rusak dulu baru dilakukan service AC. Service AC itu harus digunakan secara teratur agar bagian mesin dan filter AC bisa dibersihkan secara teratur dari setiap debu dan kotoran yang menempel. Nah ini nih ayah, yang bener tuh begini. Jika kotoran dan lapisan debu tidak dibersihkan, maka AC akan bekerja dengan sangat keras untuk bisa mengeluarkan suhu udara yang rendah dan sejuk dan tentunya membutuhkan energi yang besar dan memerlukan listrik yang besar pula. Karena itu, lakukan service AC secara rutin, misalnya setiap tiga sampai empat bulan sekali untuk menjaga kinerja mesin AC. Ayah mah sampek enam bulan tujuh bulan baru di service.

10 comments:

  1. Semoga bisa punya ac di rumah... Biar nggak panas lagi, heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, dijaman modern kayak gini mah harusnya udah pakek AC mas Faisol.
      Tapi bagi yang tinggal di Jakarta cukup hubungi Service AC Jakarta Pusat untuk service AC yang rusak.

      Delete
  2. Wah! ACku sudah lama tidak dibersihkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti sekarang waktunya untuk dibersihkan dong om.
      Biar awet, nggak cepet rusak.

      Delete
  3. Ternyata memperbaiki AC tu bisa dilakukan sendiri ya, asal tau caranya, hehe...syangnya di rumh gk ada AC di sini dingiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi akan lebih mudah lagi kalau hubungi Service AC Jakarta Pusat, biar aman om.

      Delete
  4. Wah aku kalo servis nunggu ada keluhan dlu.. Mau dirutinkan tapi kok cepet banget kalo harus 3bulan sekali. Semiga tetep awet ac nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, tapi rata-rata emang 3-4 bulan si mas untuk servicenya.
      Soalnya kan debu yang menempel pasti udah banyak banget tuh.
      Jadi agar AC lebih terawat dan nggak sering ada gejala yang menyebabkan rusak lebih baik diservice.

      Delete
  5. Berarti tiap 3-4 bulan harus diservice ACnya...
    wah, aq telah lalai berarti, biasanya sampek 7 bulan nggak diservice-service...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mulai sekarang agak diperhatiin mas ACnya.
      Biar nggak cepet rusak dan lebih awet.
      Karena kalok kebanyakan debu yang menempel terkadang mata manusia kurang untuk membersihkannya.
      Jadi lebih baik 3-4 bulan itu, jadi debu nggak terlalu banyak.

      Delete

Powered by Blogger.