5 Jenis Kurma Terbaik Dunia Karena Kelezatannya

Selamat sore guys, ini ada info terbaru yang datang dari Dunia Arab tentang buah yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia. Buah ini memang sangat pupuler dikalangan masyarakat islam terutama saat bulan puasa. Buah ini bukan hanya sebagai makanan pembuka puasa tetapi juga banyak kegunaan kurma bagi kesehatan tubuh kita yang sangat menakjubkan.

Siapa coba yang nggak kenal dengan yang namanya buah kurma? salah satu buah terlezat yang tumbuh diwilayah Timur Tengah. Kurma merupakan salah satu buah kering yang memiliki rasa manis dan lezat. Kurma banyak sekali digunakan sebagai bahan pembuatan permen, ataupun bahan kue. Kurma juga dapat disajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari buah segar, buah yang telah dikeringkan, atau diolah menjadi sirup dan dipadukan bersama masakan lain.

Manfaat dan khasita terbanyak dari buah kurma adalah sebagai sumber vitamin C. Buah kurma banyak mengandung vitamin C yang mampu mengatasi berbagai gangguan seperti sariawan, gangguan pencernaan dan kesehatan kulit. Karena itulah, bagi kamu yang sangat menginginkan tubuh sehat, buah kurma merupakan pilihan yang sangat tepat.

Manfaat dan khasiat buah kurma yang berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Karena buah kurma banyak mengandung mineral, selenium, mangan dan magnesium yang mampu menjaga kekuatan tulang kita. Jadi kita tidak akan merasa lemas. Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga membuat tulang kita terhindar dari resiko tulang keropos. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lainnya yang ada didalam buah kurmah.

Tetapi kita tidak membahas tentang banyaknya manfaat yang ada dibuah kurma, karena jelas begitu banyak sekali. Tetapi saat ini kita akan membahas macam-macam buah kurma apa sajakah yang terenak didunia, karena dari ratusan buah kurma terdapat beberapa jenis kurma yang terpopuler dan digemari masyarakat dunia.

1. Kurma Thoory

Buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan warnanya bisa berubah menjadi kebiru-biruan, cukup unik kan. Kulitnya pun sangat keriput, daging buahnya juga agak keras, tapi rasanya sangat manis sekali dan lebih enaknya lagi terdapat sentuhan rasa kacang. Kurma Thoory bisa bertahan cukup lama juga loh ternyata ketika disimpan. Di Indonesia, kurma jenis ini juga cukup banyak ditemui ditoko-toko.

2. Kurma Khidri

Kurma Khidri biasanya sering digunakan oleh penjual roti sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat atau almond. Kurma Khidri berwarna merah tua, dengan tekstur kurma kering dan kenyal. Tetapi rasanya tidak begitu manis sehingga kurma ini cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa.

3. Kurma Amer Hajj

Kurma yang juga disebut dengan amer hajj ini merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Kurma amer hajj memiliki daging yang sedikit tebal dan tekstur yang lembut dengan lapisan kulit yang tipis, kurma ini seringkali disebut sebagai the visitor's date karena di masyarakat Irak pada umumnya menyajikannya sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka.

4. Kurma Ajwa

Banyak yang menyebut kurma ini sebagai kurma nabi. Kurma Ajwa memiliki warna hitam gelap dan hanya tumbuh di Madinah saja, jadi tidak ada lagi selain di Madinah. Kurma ajwa bertekstur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis tapi unik dan berbentuk menyerupai kismis.

5. Kurma Zaghloul

Kurma ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang menyerupai melinjo. Kurma yang satu ini banyak ditemukan di daerah Mesir, Kurma zaghloul ini mengandung gula yang sangat tinggi sehingga dapat mengering ketika disantap. Hal tersebut yang membuatnya eksklusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal.

Inilah beberapa pembahasan tentang macam-macam kurma yang sangat lezat dan popular dimasyarakat dunia. Buah kurma memiliki banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh manusia dan juga dapat dijadikan sebagai bahan olahan makanan ataupun sirup. Jadi buruan beli kurma ditoko-toko dekat rumah kamu yang rasanya nikmat dan lezat. Selamat mencoba.

14 comments:

  1. liat kurma kayak gini, jadi pengen juga.. ini kesukaan banget nih, apa lagi dibuat jus gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, cemilan untuk buka puasa yang satu ini enak dibuat apa aja mbak.
      Nggak hanya itu aja, tapi kaya manfaat dan banyak vitamin bagi tubuh. hehe

      Delete
  2. Kurma Azwa sering makan, klo yang terakhir baru tahu itu. Merah menawan warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, yang itu baru aja ku coba merasakannya mas.
      Rasanya, emmmh pecah banget.

      Delete
  3. Suka sama thori, lembut nggak keras dan manisnya pas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalok saya sukanya sama Khidri dan Zaghloul.
      Soalnya Thori sama Ajwa udah sering coba. hahaha

      Delete
  4. Kalo saya langganan kurma nya hipermart
    Murah sih wkwk

    ReplyDelete
  5. Kalok saya ada temen yang jual mas, tapi sukari si.
    Biasanya kalok kurma yang diantara lima ini saya dikasih sama sodara yang di Yaman.

    ReplyDelete
  6. Eh iya,kak .. aku punya pengalaman bikin jus kurma.
    Saat itu kutambahin bubuk krimer,tanpa penambahan gula.
    Hasilnya enak banget loh
    Cobain yuk,kak ... 😉

    Kurma Zaghloul unik ya, warnanya merah menyala .. , jadi penasaran pengin nyobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh, gitu yaa mas.
      Dapet cara baru nih. Kalau saya biasanya ditambahin sama cokelat.
      Kadang juga sama gula langsung di juz.
      Boleh deh ntar malem dicoba.

      Iyaa mas, itulah menariknya kurma zaghloul.

      Delete
  7. Kurma favorit saya yang lembuuut banget dan manisnya nggak nempel abadi di mulut. Kurma ajwa mahal sekali, padahal sunnah makan kurma ajwa di pagi hari.
    Kurma yang terakhir, beneran baru lihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kurma terfavorit semua orang mbak. Sedunia loh.

      Delete
  8. Wahhh aroma ramadhan sudah tercium nih mas. Hehehehehe, aku juga suka kurma dari dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurma itu menyehatkan, apalagi dimakan saat buka puasa. yummy

      Delete

Powered by Blogger.