4 Trik Live Instagram Biar Banyak Dilirik Orang. Followers Dikit Tidak Jadi Masalah!

Tren seru-seruan di media sosial selalu berkembang dan berubah-ubah. Yang dulunya cuma update status dan balas-balasan komen, atau upload foto dan tagging teman-teman, kemudian mulai berkembang jadi upload foto selfie dengan berbagai filter yang lucu dan unyu. Kini, trennya mulai bergeser lagi, yaitu dengan menyiarkan diri sendiri kepada publik. Berasa selebritis deh.

Ada banyak aplikasi yang diciptakan untuk kegiatan ini sejak beberapa tahun yang lalu. Di antaranya masih kurang populer bagi orang Indonesia. Seperti Meerkat dan Periscope yang melengkapi Twitter. Baru ketika eranya Bigo Live, makin banyak yang hobi menyiarkan dirinya. Ada yang lebih suka nonton walau nonton apa juga nggak ngerti, tapi ada juga yang mulai suka siaran sendiri. Pokoknya, kurang eksis kalau gak ngelive.

Setelah Bigo Live, satu demi satu media sosial mulai menghadirkan fitur siaran langsung. Ada Instagram Live, ada juga Facebook Live. Karena banyak yang aktif di dunia Instagram dan Facebook, makin rame kan jadinya. Bedanya, Facebook Live bisa ditonton oleh teman-teman sendiri yang ada dipertemanan. Jumlahnya cenderung lebih banyak ketimbang di Instagram yang pakai follower. Memang sih, kalau Selebritis Instagram atau Selebgram siaran langsung pasti banyak yang nonton dan kasih lope-lope. Ya wajar aja, follower mereka kan sudah belasan ribu ke atas.

Eitss… Tapi jangan berkecil hati dulu kalau followermu masih sedikit. Siapa aja tetap bisa eksis maksimal dan seru-seruan di Instagram Live kok. Kunci utamanya adalah ide, mengenai topik yang akan kamu bicarakan, atau aktivitas yang ingin kamu siarkan. Bisa seperti menampilkan sesi tanya jawab, sesi main musik, sesi nyanyi cover lagu, sesi melukis, sesi puisi, sesi jalan-jalan, pokoknya apa aja deh. Kadang malah jauh lebih seru karena menampilkan sesuatu yang baru. Asalkan tidak melanggar hukum atau norma kesopanan.

Nah, setelah kamu memiliki ide untuk siaran Instagram Live, pastikan kamu juga punya beberapa perlengkapan supaya sesi siaranmu berjalan lancar dan sesuai rencana. Nggak bakal mahal kok, karena memang barang-barang yang mendasar banget dan biasa kamu pakai dalam kehidupan sehari-hari, selain saat Instagram Live.

1. Jangan biarkan bateraimu drop tiba-tiba! Charge penuh atau sediakan power bank 

Handphone canggih adalah barang mutlak agar kamu bisa melakukan Instagram Live, jadi semestinya tidak masuk ke list ini. Namun supaya sesi Instagram Live bisa berjalan dengan baik, pastikan ketersediaan dayanya. Apalagi kegiatan ini pasti cepat banget ngehabisin baterai. Saat Instagram Live di kos, kamu mungkin bisa sambil ngecharge HPmu, meskipun jangan sampai panas banget. Tapi kalau kamu Instagram Live di luar, maka kamu harus siap sedia power bank yang lumayan kencang.

2. Kualitas Sinyal harus mumpuni maksimal. Ingat ini Live Instagram!

Yang satu ini tentu penting banget. Bagaimana bisa siaran langsung kalau nggak punya kuota? Masak iya kamu mau numpang wifi orang untuk Instagram Life, kan malu dong sensi gitu. Tapi untungnya, Instagram Live mestinya tidak terlalu boros nyedot data, setidaknya nggak seperti saat download file-file atau upgrade apps.

Coba sesuaikan dengan paket data yang kamu beli. Apakah ada bonus yang masih tersisa, atau bonus internetan malam yang mubazir kalau tidak digunakan. Dengan ini juga, kamu bisa mainan Instagram Live di akhir pekan atau menjelang libur. Sehingga tidak mengganggu aktivitasmu keesokan harinya.

3. Belilah camera holder biar mempermudah segala macam aktivitas saat live. Totalitas, lho!

Sesuai namanya, alat yang satu ini membantumu menempatkan kamera HP. Entah itu dengan tongsis, tripod, gorillapod, lazypod, atau apa pun jenisnya, tinggal pilih yang paling murah. Kalau kamu nggak punya semua itu, tenang aja masih ada cara lain kok, dengan kotak tisu atau tumpukan buku juga bisa dijadikan pengganjal, yang penting kamera tidak goyang selama sesi Instagram Live berlangsung.

Dari beberapa jenis tersebut, gorillapod dan lazypod sudah cukup ideal. Harganya pun ada yang tidak sampai Rp 50.000 ribu. Gorillapod ataupun tripod dapat kamu gunakan asalkan memiliki kaki-kaki yang bisa dilipat atau dikaitkan ke tiang. Yang terpenting bisa menyesuaikan posisi kamera.

4. Saatnya kamu eksis di live Instagram atau Facebook! Eits, live yang berfaedah, ya!

Tuh, cuma perlu 3 hal di atas aja selain punya HP dan akun Instagram tentunya, supaya kamu bisa Instagram Live dengan maksimal. Siapa tahu follower makin bertambah banyak kan. Sapa tau juga tiba-tiba ada artis yang menyapa kamu karena ada keseruan dan pembelajaran yang baik saat kamu Instagram Live.

17 comments:

  1. Etdah, bisa maksimal jadinya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan maksimal lagi, tapi nggak bakalan selesai Live Instagramnya.

      Delete
  2. Kalok dilengkapi dengan trik diatas, jadi nggak bakalan selesai tuh Instagram Livenya...
    Bisa sampek 3 jam baru inget ama tugasnya... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin betah pegang HP yaa mas, sampek pikun sama tugas yang harus diutamakan.
      Abisnya lebih menarik si, apalagi kalok kreatif.

      Delete
  3. Nah bener banget.. Yg utama menurutku sinyal.. Pas liat punya kita bagus, tapi pas org lain yg lihat kualitas gambarnya bikin malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga mas, saya juga pernah gitu euy... hahaha
      Tapi terus saya pakek 4G yang sinyalnya bagus, jadi amanlah sekarang buat Instagram Live.

      Delete
  4. Jarang live kalau saya sih, pernah pun nggak begitu banyak yang nonton...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalok mau Instagram Live lagi, cobain deh cara saya.
      Pasti banyak yang nonton, asal punya ide yang pas aja. hehe

      Delete
  5. aku pernah live lalu dikacangin... 10 menitan gak ada yang lihat.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending mas cuma 10 menitan, saya pernah setengah jam nggak ada yang liat sampek nyari penonton. Ajak tetangga suruh nonton. wkwkwk
      Tapi setelah saya ada ide buat Instagram Live dan dengan menggunakan trik diatas, akhirnya banyak banget yang nonton.

      Delete
  6. Yang penting sinyal oke dan gambar tidak burem, otomatis banyak yang suka lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga termasuk si mbak, tapi yang terpening itu ide yang akan ditunjukkan saat Instagram Live. Pasti dengan itu banyak peminatnya yang nonton.

      Delete
  7. Wah menarik. Aku belum pernah live. Masih gagap sama camera hahaha. Rekues tips biar pede ngelive donk. Sekalian rekomendasi konten apa saja yang lagi happening buat bikin siaran live. Makasihh

    ReplyDelete
  8. Hooh live yang berfaedah ya.
    Saya belum pernah mantengin seleb yang lagi live, ya nggak ngerasa penting juga, ya follow juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, kadang kan kita suka kepo tuh, apa si yang bakal dilakuin sama artis ini artis itu.
      Tapi ketika hanya itu-itu aja yang dilakuin walau followersnya banyak pasti dikit juga yang nonton.
      Kalau punya ide dan perlengkapan diatas, seperti make up, bikin kue, pasti lama kelamaan bakalan banyak.

      Delete
  9. Blm pernah live. Oo.. Ternyata bisa ngga lancar gitu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, kalau nggak ada sinyalnya kan nggak mungkin lancar Live Instagramnya.

      Delete

Powered by Blogger.