Tips Berlibur di Malang Dengan Budget Pas-Pasan

Kalau sudah ngomongin soal backpacker atau traveling budget, Malang akan selalu jadi salah satu destinasi favorit yang bakalan diincar banyak orang. Sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini dikenal sebagai kota yang warga lokalnya sangat ramah, biaya makannya terjangkau, pilihan tempat menginap sangat banyak, dan akses ke tempat wisatanya pun terbilang mudah. Kalau kamu dari dulu ingin berwisata ke Malang tapi nggak tahu gimana caranya agar biaya yang kamu keluarkan tidak banyak dan bisa keliling kemana aja, maka tenanglah, semua bisa disiasati. Kami akan kasih infonya dan akan kami ajak kamu semua untuk menikmati indahnya kota Malang. Simak baik-baik yaa.

Anggap aja kamu berangkat dari kota yang jauh, Jakarta. Transportasi yang paling nyaman untuk perjalanan jauh adalah kereta api, apalagi cobak kalau bukan kereta kan?. Nah biar murah, pilih yang kelas ekonomi aja, kan sekarang ekonomi juga udah AC dan fasilitasnya juga terbilang enak lah. Dalam kereta api nggak ada yang namanya macet dan harganya juga jauh lebih terjangkau dibandingkan naik pesawat. Matarmaja misalnya, berangkat dari Jakarta jam 15.15 dan sampai di Malang keesokan harinya jam 07.50 WIB. Kamu akan menghabiskan waktu sekitar 17 jam di dalam kereta, maka bawalah bekal yang banyak agar kamu tidak kelaparan ataupun kehausan. Obat tidur juga boleh tuh kalau perlu, biar bangun-bangun langsung sampek... hehehe


Setelah sampai di Malang, pastikan kamu dapat tempat tinggal terlebih dahulu. Nah sekarang urusan penginapan nih, kalau keuanganmu standar, pilih aja penginapan sekelas melati yang per-harinya seratus ribu atau cari aja kos-kosan yang mingguan. Kalau kamu cari hotel dengan fasilitas lebih dengan keuanganmu yang standart, yaaa palingan kamu cuma nggak makan aja atau nggak akan bisa banyak jalan-jalan, tinggal pilih aja. Dengan begitu kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk masalah penginapan.

Kalau masalah tempat tinggal udah beres, sekarang giliran kendaraan apa yang akan kamu gunakan untuk berwisata. Traveling ke kota manapun, percayalah, sewa motor selalu menjadi andalan bagi kita semua karena tergolong murah dan menyenangkan. Pergi kemanapun jadi mudah walaupun kamu nggak tahu arah, asal bisa baca peta aja sih atau berani tanya ke warga lokal yang tau lokasinya. Seperti halnya Bali dan Jogja, di Malang juga sudah banyak usaha yang serupa, per motor dibanderol harga Rp 60 ribu per 24 jamnya, tapi di luar bensin lho yaa. Jangan minta bensin sama yang punya, ntar kamu malah digampar... hahaha

Kalau ketiga urusan kamu diatas sudah selesai, saatnya menikmati wisata Kota Malang. Mulai saja dulu dari wisata yang tidak terlalu jauh, hanya sekitaran kota aja tapi seru, kayak gini nih.


Museum Angkut. Dari namanya aja kita pasti sudah punya gambaran bahwa di dalamnya adalah musem transportasi yang berisikan kendaraan, karena dari namanya juga Museum Angkut. Tapi Museum Angkut yang satu ini benar-benar berbeda dari museum-museum yang lainnya, karena jumlah koleksi di dalamnya adalah yang terlengkap dari semua negara di dunia. Mulai dari mobil-mobil kuno asal Eropa sampai gerobak kuno asli Indonesia pun ada disini, semuanya terpajang rapi di setiap area, sehingga benar-benar menggambarkan keadaan sebenarnya pada masa lalu. Bahkan pesawat terbang boeing 737 dan helikopter menjadi koleksi di museum ini. Keren bukan, kalau kamu nggak nyempetin kesini, mubadzir perjalananmu.


Untuk perjalanan selanjutnya cobalah yang sedikit lebih jauh tapi menyenangkan. Pantai Goa China. Jika kamu berencana menikmati keindahan Pantai Goa China, sebaiknya kamu harus berangkat pagi-pagi banget sebelum matahari terbit. Walaupun pantai ini terletak di bagian selatan Pulau Jawa, tapi kamu akan menikmati indahnya sunrise yang hadir di Pantai Goa China. Jangan kaget kalau sesuatu yang tak terbayangkan akan hadir di depan matamu. Tidak hanya itu, disini kamu juga akan menemukan sebuah goa yang terletak tidak jauh dari sisi kanan pantai. Goa ini juga merupajan salah satu keindahan Pantai Goa China yang digandrungi oleh para wisatawan. Jadi jangan mau kalah sama wisatawan yang lain, abdikan moment indahmu dengan berfoto semenarik mungkin. Kalau kamu nggak kesini eman banget, belum tentu kamu ke Malang bisa ke Goa China lagi.

Walaupun masih banyak lagi pantai di Malang yaa, seperti Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Pantai Bajul Mati, Pantai Tiga Warna, Pantai Banyu Anjlok, Pantai Sendiki, dan masih banyak yang lainnya tentang pesona alam yang memang harus kamu kunjungi. Tapi sekarang, penulis akan ajak kamu main yang happy-happy nih, penasaran kan ?.


Tentu saja di Hawai Waterpark Malang. Taman wisata air ini akan menyajikan tema Hawai di seluruh area taman wisata melalui penerapan Hawai Cabana, dekorasi, dan background. Dengan menawarkan kombinasi yang unik dari suasana yang begitu santainya dengan berbagai simulasi wahana air menarik yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dari segala usia. Ada sedikitnya enam wahana yang ada di lokasi tersebut, diantaranya ada Speed Water, Mainan Anak-anak, Rafting atau biasa dibilang Arung Jeram, Kolam Renang, dan Wahana Tsunami. Settingnya seolah-olah kita terasa seperti di laut dan akan muncul tsunami secara tiba-tiba dengan ketinggian 3 meter. Bayangin cobak, nggak WOW gimana?, kalau kamu nggak kesini waah beribu ribu saying, pasti kamu akan nyesel banget.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan dari sampainya kamu di Malang hingga kamu pulang agar keuanganmu mencukupi dan itulah beberapa daftar wisata menarik yang wajib banget kamu kunjungi saat kamu berencana ingin berlibur di Malang.

13 comments:

  1. Wisata Kampung Warna-warni Jodipan bisa jadi pilihan juga, letaknya tengah kota dan tarifnya murah jadi bisa menghemat biaya

    ReplyDelete
  2. Bisa mas, itu termasuk wisata yang sangat menarik di Malang...
    Oyaa, sekedar kabar, disekitar daerah Jodipan juga, sekarang sudah ada yang namanya Kampung biru...
    Silahkan bagi yang belum tau, dari jembatan itu keliatan kedua wisata tersebut...

    ReplyDelete
  3. Ealah dulu aku pernah ke malang, but cuma ngelencer saja, makasih tips-tipsnya mbak, hehehehehe, #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  4. Waahm sayang beribu sayang kalok begitu mas...
    lain kali jangan lewatkan kesempatannya saat menelusuri kota Malang...
    Bisa saya pastikan liburan Anda bakal seru mas...

    ReplyDelete
  5. Kalau disebut wisata dengan budget pas-pasan, menurutku Museum Angkut dan Hawai Waterpark Malang nggak masuk sebab HTM-nya lumayan lhoo.
    Kalau wisata budget pas-pasan main aja ke Alun-Alun Batu yang gratis, bisa Selecta atau Songgoriti yang tiketnya murah. Trus kalo di Malang aku setuju ama komen di atas, ke Kampung Warna-Warni, 3D dan Kampung Biru aja yang tiketnya murah banget.
    Ini no offense ya, kesian aja ntar wisatawan dengan budget pas-pasan jadi ketipu.

    ReplyDelete
  6. Hehehehe, maaf yaa mas..
    maksud saya, itu kan hanya wisata yang bisa dikunjungi dan paling menarik di Malang...
    Untuk yang budget pas-pasan itu maksudnya untuk transportasi, tempat tinggal dan kendaraan.
    Kalok budgetnya minim yaa siap-siap aja terlantar di Malang... hehehe

    ReplyDelete
  7. Masa SMA dan kuliah di Malang. Trus 3 tahun lalu ke Malang udah beda jauh. Sekarang kayaknya jauh lebih maju dan keren ya. Jadi pengen ke Malang lagi.

    ReplyDelete
  8. Sekarang Malang memang bener-bener udah berubah mbak, semakin banyak cafe, semakin banyak tempat tongkrongan, semakin banyak Alfamart dan Indomart di tempat terpencil.
    Dulu udaranya seger dan dingin banget di Malang, sekarang sudah panas karena tumpukan orang.
    Masih banyak lagi si yang berubah.

    ReplyDelete
  9. Aku enggak pernah bosan ke Malang. Selalu ingin dan ingin lagi. Duhhhh kapan ya bisa sampai ke sini lagi.

    ReplyDelete
  10. Kalau nggak sekarang kapan lagi mbak ?
    Tapi kalok mau ke Malang kabarin saya yah, sapa tau saya bisa bantu mbak selama disini.

    ReplyDelete
  11. Wah, dengan bawa uang yang cukup bisa jalan-jalan dong...
    Apalagi kalok berdua dengan pasangan kan, pasti lebih seru jalan-jalannya...

    ReplyDelete
  12. Bisa dong mas, asalkan mengikuti tips diatas.
    saya yakin happy akan datang pada Anda.

    ReplyDelete
  13. wah mantap juga nich tipsnya, bisa jadi rekomendasi untuk bisa jalan-jalan dengan uang pas-pasan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.