Menu Makanan Sehat Yang Disukai Anak-Anak

Kalian tau nggak si, adek gue yang paling kecil kalau udah ke sekolah lupa sama yang namanya jajanan. Itu sebabnya industri pertanian Indonesia lelah dengan makanan sehat. Dari yang namanya cilok, otak-otak, chiki-chiki, dan kawannya itu selalu jadi makanan setiap istirahat dan pulang sekolah. Akhirnya tau nggak apa yang terjadi, adek gue kalau makan nasi dikit banget, tumbuh bintik-bintik putih dipinggir hidung, dan kadang radang tenggorokan.

Seharusnya kan anak-anak seusia itu masih sangat membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, adek gue akhirnya mulai makan secara teratur makan makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Selain itu, gue larang juga dia untuk makan makanan olahan dan makanan ringan yang terlalu banyak gula pedes, pengawet, dan berminyak. Karena hal itu bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Gizi makanan untuk anak-anak jelas berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan banyak kalori namun sedikit nutrisi untuk tumbuh dengan baik, tetapi diet rendah lemak dianjurkan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sementara itu balita membutuhkan diet yang mengandung jumlah lemak yang baik.

Makanan bergizi sering dikaitkan dengan buah-buahan, tetapi ada varietas makanan lain yang bergizi, sehat dan bermanfaat bagi kesehatan anak-anak. Ikan dan kacang-kacangan mengandung protein tanpa lemak yang merupakan sumber nutrisi ideal. Kalsium diperlukan bagi kesehatan tulang dan gigi, yang bisa diperoleh dari produk susu. Seluruh biji-bijian yang biasa kita temukan dalam roti dan sereal juga merupakan sumber kaya serat yang bermanfaat. Diet penuh gizi menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan kemungkinan terkena osteoporosis, penyakit jantung, kanker dan gigi berlubang.

Anak-anak yang mengkonsumsi terlalu banyak makanan bergizi justru cenderung menderita obesitas. Anak-anak bisa mendapatkan diet yang seimbang, yaitu dengan jalan mengkonsumsi berbagai jenis makanan dari empat kelompok makanan utama, seperti roti, sereal dan kentang adalah makanan bertepung, termasuk pasta dan nasi yang juga memberikan energi, serat, vitamin dan mineral.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang menyediakan serat, vitamin dan mineral dan juga merupakan sumber antioksidan. Susu merupakan makanan nikmat untuk tubuh yang menyediakan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, protein untuk pertumbuhan, ditambah vitamin dan mineral. Daging, ikan dan makanan alternatif lain seperti telur dan kacang-kacangan, menyediakan protein, vitamin dan mineral, terutama zat besi. Hal ini juga mengandung serat.

Selain yang dijelaskan diatas, ada juga beberapa makanan yang perlu dimakan oleh anak, tapi nggak boleh berlebihan juga yaa yaitu telur, di dalam telur mengandung protein yang baik dikonsumsi ketika sarapan. Telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Terus yang kedua adalah coklat, pilih yang warnanya hitam, sebab cokelat semakin baik jika semakin gelap. Ada senyawa bernama flavonoid dalam cokelat yang meningkatkan kesehatan jantung, mulut, dan juga kulit.

Anak-anak juga diberikan makanan yang mungkin sepele bagi orang-orang tapi baik yaitu tahu. Hasil produksi dari kacang kedelai yang satu ini memiliki sumber protein yang tak kalah bergizi dari telur. Tahu juga baik dikonsumsi oleh anak putri untuk perkembangan jaringan payudara. Dan yang terakhir adalah Oatmil. Sebuah penelitian pernah menyebutkan kalau balita dan anak-anak yang makan oatmeal lebih mampu berkonsentrasi dan penuh perhatian ketika di sekolah. Oatmeal juga kaya serat yang baik bagi pencernaan.

Itulah beberapa makanan bergizi yang sangat dibutuhkan balita dan anak-anak agar terjaga perkembangan otak dan tubuhnya. Temukan cara yang tepat untuk mengolahnya agar buah hati bisa menikmatinya dengan lahap. Akhirnya adek gue bisa makan makanan yang sehat dan pertumbuhannya sangat stabil dan kecerdasannya bertambah.

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Jadi nggak tega makannya mbak, apalagi yg bentuk tedy bear berselimut. Duhhh cute amat... #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dengan bentuk yang seperti itu anak-anak akan selera makannya dan pasti juga banyak.
      Yang paling penting, gizi mereka terpenuhi.

      Delete
  3. anak kecil tergolong susah banget untuk makan. Akan tetapi, jika orang tua para ibu ibunya kreatif dan memberikan hiasan gitu pasti si anak bakalan lahap makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, setelah adek kecil saya diberikan hiasan makanan yang seperti itu, dia langsung makan 3x sehari dengan porsi yang lebih banyak. hehe :)

      Delete
  4. Makanannya kalo pake pigura lalu tempel di dinding keknya oke hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, Nggak dimakan yaa mas.
      malah jadi pajangan.

      Delete
  5. Makanannya lucu banget kalok dihias begitu...
    Kira-kira jadi makin nafsu nggak yaa makannya...?
    Ntar malah dipmarein ke temen-temennya... hahaha

    ReplyDelete
  6. Kalok untuk nafsu makannya saya yakin agak sedikit bertambah mas.
    Kalok masalah dipamerin itu udah jelas, tapi pasti setelah itu dilahap abis sama dedeknya. hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.